Kurangi Sampah 70 Persen, Pemerintah Siapkan Rp 13 Triliun per Tahun

Safrezi Fitra
23 Februari 2017, 11:39
Sampah Laut
Antara | Yusuf Nugroho

Hari ini Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan meluncurkan Rencana Aksi Nasional untuk menanggulangi sampah plastik di laut. Rencana tersebut berisi berbagai strategi dan rencana konkrit di darat, di wilayah pesisir, dan di laut.

"Pemerintah akan memberikan pembiayaan dalam melaksanakan strategi tersebut hingga US$ 1 miliar (sekitar Rp 13 triliun) per tahun," kata Luhut.

Advertisement

Menurutnya dukungan pembiayaan ini akan memberikan kontribusi yang signifikan dalam merealisasikan program nasional Indonesia bebas sampah. Targetnya pada akhir 2025, pemerintah akan mengurangi 70 persen sampah plastik.

Dia menjelaskan bahwa sampah plastik di laut telah mengancam kehidupan ikan, mamalia, burung laut, dan terumbu karang di dunia. Parahnya lagi, lanjutnya, sampah plastik laut telah membanjiri pantai yang indah, tujuan wisata dan bahkan pulau-pulau terpencil.

“Mereka yang terkena dampak negatif ekonomi ini adalah penduduk lokal, karena wisatawan tidak akan kembali mengunjungi tempat-tempat yang penuh sampah plastik,” kata Luhut.

Bersamaan dengan peluncuran Rencana Aksi Nasional ini, Indonesia dan PBB (UNEP) juga memulai kampanye pembersihan sampah plastik di laut. Pencanangan ini dihadiri oleh Menteri lingkungan hidup dan kehutanan Siti Nurbaya dan Direktur PBB untuk program lingkungan Erik Solheim.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement