Sido Muncul Andalkan Modernisasi Jamu di Semester Kedua 2017

Asep Wijaya
9 Agustus 2017, 19:46
Sido Muncul
Katadata
Berbagai jenis jamu produksi PT Sido Muncul.

Emiten jamu dan farmasi, PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk., memperbaiki modernisasi produk jamu untuk mengikuti kebutuhan konsumen. Upaya ini ditempuh mengatasi kinerja penjualan produk yang menurun pada semester I-2017. 

Direktur Keuangan Sido Muncul, Venancia Sri Indrijati, menyebut porsi penjualan jamu tradisional hanya sekitar 15% dari total penjualan produk perusahaan.

Sebagian besar produk sudah dimodernisasi. salah satunya dengan cara memperbarui wujud ataupun rasa dari sejumlah produk baik herbal-suplemen, minuman, dan farmasi.

Venancia mencontohkan produk Tolak Angin yang awalnya berupa serbuk kini bersalin rupa menjadi cair. Aneka rasa juga tersedia dalam produk ini. “Inilah upaya kami untuk terus tumbuh melalui inovasi yang berkelanjutan,” kata dia dalam paparan kinerja publik, Rabu (9/8).

(Baca: Tim Kurator Sita Pabrik dan Seluruh Harta Nyonya Meneer)

Meski begitu, produk tradisional seperti minuman jamu tidak akan dihapus dari daftar produk jual perusahaan mengingat masih adanya ketersediaan pasar untuk produk tersebut. Sepanjang masih ada permintaan dan penjualannya stabil, produk minuman jamu tidak akan berhenti diproduksi.

Selain melalui upaya modernisasi produk, perusahaan juga terus mengupayakan ekspor ke sejumlah negara termasuk negara di kawasan ASEAN dan Afrika terutama Nigeria. Perseroan juga telah membuka kantor cabang di Filipina dan resmi terdaftar di Securities and Exchange Commission, selaku instansi yang berwenang memberikan izin pembukaan kantor cabang di sana, pada 5 Juni 2017.

Aneka upaya itu kemudian diperkuat dengan tetap menggalakkan upaya pemasaran lewat aneka iklan di sejumlah kanal media massa.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...