Buka 17.928 Lowongan, Laman Pendaftaran CPNS Sempat Down

Pingit Aria
6 September 2017, 17:50
Pegawai negeri sipil (PNS)
ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Pegawai negeri sipil (PNS) Badan Kepegawaian Daerah (BKD) di Balai Kota, Jakarta, Senin (3/7).

Pemerintah membuka lowongan untuk 17.928 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di 60 instansi dan 1 Pemerintah Provinsi, yakni Kalimantan Utara. Begitu banyaknya peminat, laman yang disediakan untuk pendaftar sempat tak dapat diakses.

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan menyampaikan, pendaftaran online penerimaan CPNS mulai dibuka pada 5 September 2017, pukul 23.00 melalui sscn.bkn.go.id. Namun, laman ini sempat tak dapat diakses selama beberapa jam.

“Peminatnya memang banyak sekali, namun sistem telah dipulihkan,” katanya, Rabu (6/9). (Baca juga: Di Singapura, 20 Pesawat F16 Akan Bermanuver untuk Jokowi dan PM Lee)

Selain itu, pada hari yang sama, pengumuman hasil seleksi awal penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) dan Mahkamah Agung (MA) pun sempat terhambat. Tiga laman yang disediakan, yakni www.bkn.go.id, https://cpns.kemenkumham.go.id dan https://www.mahkamahagung.go.id sama-sama down sehingga hasil pengumuman tersebar melalui Google Drive.

Pada kedua instansi ini, jumlah pelamar hingga batas akhir pendaftaran pada 31 Agustus pukul mencapai 1.146.853 orang. Di antaranya, 1.116.138 pelamar di Kemenkumham dan 30.715 pelamar di MA. 

Bagi pelamar CPNS Kemenkum HAM dan MA yang dinyatakan tidak lolos seleksi administrasi, lanjut Ridwan, diberikan peluang untuk kembali melamar CPNS di 60 instansi dengan catatan hanya dapat memilih satu instansi dan satu formasi.

(Baca juga: Pacu Investasi, Jokowi dan Sri Mulyani Evaluasi Insentif Pajak)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...