Induk Usaha SCTV Incar Saham Kapanlagi.com dan Merdeka.com

Image title
Oleh Tim Redaksi
19 September 2017, 17:34
Televisi
Katadata | Arief Kamaludin
Ilustrasi studio di stasiun televisi

Perusahaan induk stasiun televisi SCTV dan Indosiar sedang bernegosiasi untuk mengakuisisi KapanLagi Network (KLN), pemilik jaringan portal berita Merdeka.com dan Kapanlagi.com. Saham KLN yang akan dibeli PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek) selaku induk SCTV tersebut adalah milik raksasa media Singapura, MediaCorp.

Informasi ini dibenarkan oleh dua sumber Katadata yang mengetahui proses negosiasi tersebut. "Iya, tapi apakah jadi (transaksinya), (saya) tidak tahu,” kata sumber tersebut, Senin (18/9). Apalagi, menurut dia, Emtek sebenarnya sudah lebih dulu membidik KapanLagi sebelum diakuisisi MediaCorp pada tahun 2014.

Sumber lain Katadata juga membenarkan adanya proses negosiasi itu meski masih belum rampung. “Belum,” katanya singkat.

Direktur Pelaksana Emtek Sutanto Hartono belum merespons konfirmasi perihal kabar ini melalui telepon seluler maupun surat elektronik (e-mail). Adapun, MediaCorp menolak mengomentari kabar tersebut. "Kami tidak mengomentari rumor atau spekulasi," kata Yeong Lai Lai, Mediacorp Feedback Unit, dalam surat elektroniknya kepada Katadata, Selasa (19/9).

Emtek yang mengandalkan Indosiar dan SCTV sebagai pemasukan utamanya (cashcow), memang menggenjot pengeluaran untuk pengembangan konten dalam beberapa tahun terakhir. Pengambilalihan Kapanlagi.com, portal berita artis dan gosip selebritis terbesar di Indonesia ini, dipercayai dapat menambah senjata baru Grup Emtek dalam persaingan bisnis penyediaan konten.

Sementara pengambilalihan Merdeka.com, portal berita umum dan politik, dapat menawarkan sinergi kepada produk serupa yang sudah dimiliki Emtek yaitu portal berita Liputan6.com.

MediaCorp membeli saham KapanLagi Network sekitar tiga tahun lalu, setelah Emtek sempat menunjukkan ketertarikannya tapi belum sempat merealisasikannya. Saat itu, Merdeka.com masuk dalam lima besar trafik kunjungan pembaca media online, berdasarkan pemeringkat trafik Alexa. 

Sedangkan Kapanlagi.com menempati peringkat pertama dalam kelompok media online yang fokus pada berita selebritis. 

Saat ini, tiga besar trafik kunjungan pembaca media online adalah Detik, Tribun News dan Liputan6. Sedangkan KapanLagi dan Merdeka.com masing-masing menempati peringkat ke-5 dan 6.

Merdeka.com didirikan pada tahun 2011 oleh mantan wartawan Detik.com, Atmaji Sapto Anggoro, bersama dengan Kapanlagi Network yang didirikan oleh Steve Christian dan beberapa rekannya tahun 2003. 

Selain akuisisi tersebut, Emtek sedang berambisi mengembangkan Blackberry Messenger (BBM) yang ditujukan bukan hanya sebagai aplikasi pesan instan, tetapi juga penyedia berbagai macam konten. Beragam konten itu mulai dari berita sampai pemesanan tiket yang dikembangkan oleh Grup Emtek maupun kerja sama dengan pihak ketiga.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...