Menkeu: Anggaran Annual Meeting IMF di Bawah 4 Tuan Rumah Sebelumnya

Desy Setyowati
4 Oktober 2017, 20:50
Sri Mulyani
Arief Kamaludin|KATADATA
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menekankan tidak ada pemborosan anggaran untuk penyelenggaran acara tahunan International Monetary Fund (IMF) - World Bank Annual Meeting 2018. Anggaran yang dialokasikan pemerintah lebih rendah dibandingkan empat negara yang sebelumnya menjadi tuan rumah pertemuan tersebut.

Pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 810,17 miliar untuk pertemuan IMF-World Bank. Anggaran tersebut dialokasikan di dua institusi yaitu Kementerian Keuangan Rp 672,59 miliar dan Bank Indonesia (BI) Rp 137 miliar. "Dibanding negara lain yang menjadi tuan rumah (host) sebelumnya anggaran ini lebih rendah," kata dia saat Rapat Kerja dengan Komisi XI di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (4/10).

(Baca juga: Anggaran Acara IMF-World Bank Rp 810 M, Sri Mulyani Dikritik DPR)

Ia pun membandingkan dengan Singapura yang menjadi tuan rumah pertemuan tersebut pada 2006. Pemerintahnya menggelontorkan anggaran hingga Rp 994,4 miliar.

Kemudian Turki yang menjadi tuan rumah pertemuan pada 2009 mengeluarkan anggaran hingga Rp 1,252 triliun. Itu pun hanya untuk biaya pembangunan (construction cost) lokasi pertemuan saja. Apabila dihitung dengan biaya lainnya, ia yakin anggarannya jauh lebih besar.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...