Bakal Tutup Akhir Tahun, Debenhams Beri Diskon Besar

Penulis: Michael Reily

Editor: Yuliawati

Jum'at 27/10/2017, 18.32 WIB

Debenhams menawarkan diskon besar untuk beragam merk pakaian kelas menengah ke atas.

Lotus
Katadata
Debenhams merupakan salah satu brand department store milik PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAP).

PT Mitra Adi Perkasa (MAP) telah mengumumkan akan menutup Lotus dan Debenhams Department Store. Gerai Debenhams pun mulai cuci gudang dengan menawarkan diskon yang besar. 

Berdasarkan pantauan Katadata, gerai Debenhams di Senayan City, memasang pengumuman diskon hingga 70% untuk memancing pengunjung. Obral beragam produk pakaian berlaku sejak Kamis (26/10).

Salah satu karyawan yang bekerja menjaga kios Nail dan Wood, Destri Sari menyatakan Debenhams yang biasanya tutup jam 21.30 tetap ramai sampai 22.30. "Itu juga kalau tidak dibilang tutup orang masih akan bertahan," kata Destri kepada Katadata, Jumat (28/10).

(Baca: Matahari Tutup Gerai, Bos Lippo Sebut Ada Siklus Kritis Bagi Retail)

Destri menyebut obral yang diberikan mengerek kuantitas penjualan. Bahkan satu pelanggan ada yang membeli hingga delapan potong pakaian dari Nail. Pengunjung yang membeli barang tersebut, kata Destri, mengaku sebagai pelanggan tetap yang biasa membeli di Debenhams.

Potongan harga besar-besaran berhasil membuat orang-orang berdatangan, baik pria atau pun perempuan. Di bagian produk khusus pakaian pria, merk Polo membanderol kaus berkerah polos dengan harga Rp 200 ribu. Merk mahal seperti Ben Sherman pun memasang tanda 50% untuk kemeja yang harganya berkisar Rp 800 ribu hingga Rp 1,4 juta.

Ada lagi Van Heusen, Maine, dan The Executive yang menjual kemeja dengan harga tidak sampai Rp 250 ribu. Padahal, biasanya kemeja merk tersebut dijual minimal Rp 350 ribu. Malah, Wood memberikan klausul menarik. Jika membeli 1 celana panjang, bakal mendapatkan 1 celana panjang yang sama secara gratis.

Untuk barang-barang perempuan, sepatu dan tas diskon sampai 70%. Tulisan-tulisan "Half Price" menghiasi langit-langit Debenhams. Merk-merk seperti Hush Puppies, Pierre Cardin, Bonia, Elle, dan Guess diramaikan oleh perempuan tua muda yang membidik desain sesuai selera.

(Baca: Matahari Tutup Gerai di Pasaraya Manggarai & Blok M karena Mal Sepi)

Harga tas dan sepatu bermerk terkenal perempuan itu  mencapai jutaan rupiah. Dengan ada diskon, harganya mencapai setengahnya, seperti tas Guess yang dibanderol menjadi Rp 600 ribu.

Seorang ibu bernama Silvia membeli hingga enam potong kemeja dari berbagai macam merk. Menurutnya, diskon yang diadakan Debenhams cukup murah sehingga dia membeli beberapa potong kemeja baru.

Silvia mengeluarkan kocek tidak sampai Rp 1 juta. "Sebelum nanti kehabisan ukuran suami saya, dia badannya besar," tutur Silvia.

Reporter: Michael Reily

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha