Railink Gandeng Uber Sediakan Taksi Online di Stasiun Medan

Penulis: Michael Reily

Editor: Pingit Aria

27/10/2017, 20.28 WIB

Dengan kerja sama ini, warga yang menumpang kereta dari Bandara Kualanamu bisa dengan mudah menemukan taksi online Uber di Stasiun Medan.

uber
Katadata
Aplikasi Uber

Anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan PT Angkasa Pura II (Persero), PT Railink bekerja sama dengan Uber untuk menyediakan taksi online di Stasiun Medan. Integrasi antarmoda transportasi diharapkan dapat menjamin kelancaran perjalanan masyarakat.

 “PT Railink berkomitmen memperkuat transportasi multimoda dari satu titik ke titik lainnya,” kata Direktur Utama Railink Heru Kuswanto dalam keterangan resmi, Jumat (27/10).

Menurut Heru, Uber sebagai perusahaan transportasi berbasis digital terbesar dunia adalah mitra yang tepat untuk integrasi transportasi udara dengan kereta bandara dan kendaraan bermotor.

(Baca juga:  Grab Gandeng Koperasi Polisi Sediakan Taksi Online di Bandara

Direktur Kebijakan Publik Asia Pasifik Uber Damian Kassabgi menyatakan, kerja sama kedua pihak diharapkan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat Medan. “Warga Medan, wisatawan dan pelaku perjalanan bisnis akan merasakan perjalanan yang lebih mulus,” ujarnya.

Warga dan wisatawan yang tiba di Bandara Kualanamu bisa menggunakan kereta api Railink menuju pusat kota Medan dalam 40 menit. Setibanya di stasiun Railink kota Medan, warga dan wisatawan akan menemukan tempat penjemputan (pick-up) Uber.

Uber-Railink dinilai menghemat waktu tempuh dari bandara Kuala Namu ke kota Medan dan sebaliknya. Opsi ini lebih menghemat waktu dibandingkan dengan kendaraan pribadi yang dapat menghabiskan waktu hingga 2 jam.

(Baca juga: Dua Ruas Tol Trans Sumatera Sepanjang 83,7 Km Siap Beroperasi

Selain menyediakan pilihan multimoda transportasi untuk meningkatkan mobilitas, kerjasama Railink-Uber juga diharapkan mampu mendukung potensi pariwisata Medan. “Kami sangat senang dapat bermitra dengan PT Railink untuk mengantar publik pulang dan pergi ke Bandara Kuala Namu,” kata Damian.

Uber berharap kolaborasi akan menghubungkan masyarakat dengan transportasi publik. Saat ini, Damian mengaku tengah berupaya membangun model kerja sama di kota-kota lain di Indonesia.

Sebelumnya, Grab Indonesia bekerja sama dengan Induk Koperasi Kepolisian Negara Republik Indonesia (Inkoppol) menyediakan taksi online di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Grab dan Inkoppol akan menyediakan tujuh titik penjemputan yang tersebar di tiga terminal Soekarno-Hatta.

Reporter: Michael Reily

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan