Anggaran Turun, Menteri Susi Minta Peserta Tender Tak Korupsi

Michael Reily
12 Desember 2017, 16:01
Diskusi Perikanan Bitung
Arief Kamaludin|KATADATA
Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti saat menjadi pembicara kunci dalam diskusi, Jakarta, Selasa, (09/05)

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memperingatkan peserta tender pengadaan barang dan jasa di kementeriannya agar tidak melakukan kecurangan. Sebab, dengan anggaran Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang turun tahun depan, ia harus melakukan efisiensi.

APBN KKP pada 2018 sebesar Rp 7,28 triliun, turun sekitar 20% dari anggaran tahun ini yang mencapai Rp 9,13 triliun. "Para penyedia barang dan jasa harus turut berpartisipasi dalam wilayah bebas korupsi," kata Susi saat berpidato dalam sosialisasi program 2018 di Kantor KKP, Selasa (12/12).

Susi ingin agar anggaran di kementerian yang dipimpinnya terserap secara efektif, efisien, dan memiliki hasil yang jelas. "Utang tiap tahun bertambah karena inefisiensi anggaran tapi pertambahan pembangunan hanya sedikit," ujar Susi.

Perempuan kelahiran Pangandaran ini pun meminta jajarannya untuk mengurangi agenda rapat hingga diskusi yang tak penting. Pembatasan anggaran juga dilakukan agar para pejabat melakukan konsep good governance.

(Baca juga: KKP Bangun Dua Proyek Senilai Rp 28,96 Miliar di Pangandaran)

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...