Idrus Marham dan Mantan Dirjen Pajak Jadi Pengurus DPP Golkar Terbaru

Dimas Jarot Bayu
22 Januari 2018, 13:42
DPP Golkar
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Ketua Harian Partai Golkar Nurdin Halid (tengah) bersama Sekjen Idrus Marham (ketiga kanan) dan sejumlah ketua koordinator di kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Selasa (21/11).

Partai Golkar resmi mengumumkan formatur baru dalam kepengurusan Dewan Pengurus Pusat (DPP) masa bakti 2017-2019, Senin (22/1). Menteri Sosial Idrus Marham menduduki posisi pengurus dan lengser dari Sekretaris Jenderal Golkar. Kepengurusan ini juga memunculkan wajah baru seperti Mantan Dirjen Pajak  Ken Dwijugiasteadi. 

Formatur ini dibentuk setelah terpilihnya Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum Golkar dalam Musyawarah Nasional Luar Biasa pada Desember 2017 lalu. Airlangga mengatakan, struktur baru dibentuk dalam upaya revitalisasi dan restrukturasi kepengurusan sebelumnya. Kepengurusan baru akan berfokus pada kegiatan Golkar di tahun politik 2018 dan Pemilu 2019.

"Revitalisasi ini tentunya menajamkan peran pada kemenangan pemilu dan juga secara spesifikasi target golkar di 2019 meningkatkan elektabilitas pada posisi semula. Ditargetkan range (elektabilitas) Golkar pada pemilu nanti antara 16-18%," kata Airlangga di Kantor DPP Golkar, Jakarta.

Selain itu, revitalisasi dan restrukturasi juga merampingkan kepengurusan sebelumnya. Sebelumnya, jumlah pengurus DPP Golkar sebanyak 305 orang. (Baca: Alasan Jokowi Pertahankan Airlangga Meski Jabat Ketum Golkar)

Pada formatur yang baru, jumlah pengurus DPP Golkar sebanyak 251 orang. "75 di antaranya pengurus perempuan, sehingga kuota perempuan 30% telah dicapai," kata Airlangga.

Dalam kepengurusan yang baru, Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Golkar dijabat oleh Lodewijk Freidrich Paulus. Mantan Komandan Jenderal Kopassus itu menempati posisi Idrus yang saat ini menjadi Menteri Sosial.

Wakil Sekjen DPP Golkar dijabat oleh Budhy Setiawan, Muhammad Sarmuji, Dolly Siregar, Hakim Kamaruddin, Herman Hayong, Ratu Dian Hatifah, Syamsul Hidayat, Victus Murin, Maman Abdurachman, Gatot Sudaryanto, Andi Rio Padjalangi, Rene Manembau, dan Susanto Supardjo.

Bendahara Umum DPP Golkar tetap dijabat oleh Robert Kardinal. Ibnu Munzir menjabat sebagai Koordinator Bidang (Korbid) Kepartaian DPP Golkar bersama dengan dengan Darul Siska sebagai Wakorbid Kepartaian.

Ketua Korbid Pemenangan Pemilu (PP) Sumatera DPP Golkar dijabat Indra Bambang Utoyo bersama Ahmad Doli Kurnia sebagai Wakil Ketua Korbid PP Sumatera. Nusron Wahid menjabat sebagai Ketua Korbid PP Jawa dan Kalimantan bersama Muchtarudin sebagai Wakil Ketua Korbid PP Jawa dan Kalimantan.

"Ketua Korbid PP Wilayah Timur Melchias Markus Mekeng dan Wakil Ketua Koordinator Bidang PP Wilayah Timur Andi Ahmad Dara," kata Airlangga.

(Baca: Jokowi Lantik Idrus Marham Jadi Mensos, Moeldoko Gantikan Teten)

Halaman:
Editor: Yuliawati
    Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

    Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

    Ikuti kami

    Artikel Terkait

    Video Pilihan
    Loading...