Fokus Menangkan Jokowi di 2019, Golkar Klaim Tak Siapkan Calon Wapres

Dimas Jarot Bayu
25 Januari 2018, 19:56
Penunjukan Bambang Soesatyo jadi Ketua DPR
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kiri) berdiskusi dengan calon Ketua DPR dari Fraksi Golkar Bambang Soesatyo disela pengumuman calon ketua DPR dari Fraksi Golkar di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (15/1). Airlangga Hartarto mengumum

Elektabilitas Golkar yang menguat memunculkan wacana Ketua Umum Airlangga Hartarto berpotensi maju sebagai pendamping Joko Widodo dalam pemilihan presiden 2019.  Sekretaris Jenderal Partai Golkar Lodewijk Fredrich Paulus partainya hingga kini belum pernah memilikirkan mengenai sosok yang akan mendampingi Jokowi.

"Golkar sejak awal Munaslub sudah mencanangkan Jokowi untuk Pilpres 2019, tidak punya wacana mencawapreskan atau mencari wapres dari kami," ujar Lodewijk di DPP Golkar, Jakarta, Kamis (25/1).

Menurut Lodewijk, tidak etis jika Golkar membicarakan mengenai siapa yang akan dipilih untuk menjadi pendamping Jokowi pada Pilpres 2019. "Beliaulah yang nanti menentukan wapresnya siapa," kata Lodewijk.

(Baca: Pamor Golkar Naik, Airlangga Berpotensi Jadi Cawapres untuk Jokowi)

Lodewijk lebih lanjut menyatakan saat ini Airlangga masih berkonsentrasi untuk memenangkan Jokowi pada Pilpres 2019. "Beliau terlalu fokus mendukung Pak Jokowi," kata dia.

Airlangga disebut-sebut memiliki peluang mendampingi Jokowi pada Pemilu 2019. Hal ini mengingat elektabilitas Golkar kini menempati posisi kedua tertinggi di antara partai lainnya.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...