BCA Bersiap Akuisisi Dua Bank Kecil di Semester I 2018

Image title
26 Januari 2018, 14:28
BCA
Arief Kamaludin|KATADATA

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) berencana merealisasikan akuisisi dua bank kecil pada tahun ini. Targetnya, proses akuisisi bisa dijalankan pada semester I. Namun, belum ada kejelasan mengenai identitas bank-bank kecil yang tengah dibidik.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan, pihaknya dalam tahap pengumpulan data-data yang dibutuhkan. “Mudah-mudahan dalam dua-tiga bulan atau empat bulan ke depan lah kami sudah mulai (proses akuisisi),” kata dia saat ditemui di UNIKA Atma Jaya, Jakarta, Jumat (26/1). 

Advertisement

(Baca juga: Jelang Pasar Bebas 2020, Bank Besar Kejar Pertumbuhan Lewat Akuisisi)

Rencananya, dua bank kecil tersebut bakal dimerger. Namun, tidak akan dimerger dengan BCA. Jahja tidak menjelaskan mengenai fokus bisnis dua bank tersebut. Tapi, kemungkinan besar tidak akan menjadi bank digital sebagaimana sempat disebut-sebut tahun lalu. “Kelihatannya tidak perlu. Kami sendiri bisa kerjakan,” ucapnya.

Ia pun menyinggung soal layanan digital baru banknya yaitu API BCA (Application Program Interface) yang diluncurkan beberapa waktu lalu. API BCA memungkinkan para pelaku fintech atau e-commerce untuk mengintegrasikan situs maupun aplikasi mereka dengan sistem transaksi perbankan BCA.(Baca juga: Digibank dari DBS Tarik 1.000 Nasabah Baru Setiap Hari)

Adapun untuk kebutuhan akuisisi dan investasi ke anak usaha, BCA mengalokasikan dana sebesar Rp 4,5 triliun. “Itu total investment,” ucapnya

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement