Menteri Susi Merajuk, Anies Akan Gratiskan Pantai Jakarta

Michael Reily
8 Februari 2018, 19:13
Susi Pudjiastuti
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Susi Pudjiastuti menyapa nelayan peserta lomba hias kapal di kawasan Pelabuhan Kali Adem, Jakarta, Minggu (7/5).

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk mempercantik pantai di Jakarta. Tujuannya agar masyarakat Jakarta memiliki pantai untuk wisata yang nyaman.

Menurut dia, Jakarta merupakan ibukota negara yang memiliki pantai terpanjang nomor dua di dunia. “Akses gratis untuk pantai harus dimiliki masyarakat Jakarta,” kata Susi kepada Anies di Muara Baru, Jakarta, Kamis (8/2).

Jika lingkungan pantai Jakarta indah dan aksesnya bebas untuk masyarakat, Susi percaya warga Ibu Kota tidak perlu berjauh-jauh lagi ke Tasikmalaya, Jawa Barat untuk menikmati pantai di akhir pekan. Selain itu, dia juga bisa berolahraga dengan papan paddle bersama Anies dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno.

Permintaan ini sudah diajukan Susi sejak era Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Bahkan, dia sempat ngomel-ngomel ke Ahok agar harapannya dikabulkan. “Saya akan teruskan ke Bapak (Anies). Saya cerewet, saya tidak akan berhenti sampai dapat,” ujarnya sambil tertawa.

Menanggapi rajukan tersebut, Anies mengatakan banyak alternatif lokasi yang bisa dimanfaatkan secara gratis. Pembukaan daerah pesisir pantai Jakarta menjadi tempat umum sudah disiapkan sebagai bagian dari rencana pemerintahan. Salah satunya adalah Pulau Reklamasi yang saat ini masih disengketakan harus bermanfaat untuk masyarakat. (Baca pula: Pengembang Seret Konsumen Properti Reklamasi ke Kepolisian).

Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan bersinergi dengan kementerian yang dipimpin Susi. Alasannya, banyak pantai yang belum dikembangkan dengan baik potensinya.

Menurut Anies, bentangan luas pesisir Jakarta bakal dimanfaatkan. Namun, kebijakan ini bakal dilakukan secara bertahap. “Jadi tidak terbatas hanya Pantai Ancol,” ujar Anies.

    Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

    Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

    Ikuti kami

    Artikel Terkait

    Video Pilihan
    Loading...