Akuisisi ANZ Rampung, DBS Perkuat Layanan Perbankan Orang Kaya

Muchamad Nafi
12 Februari 2018, 18:59
DBS bank
Katadata | Arief Kamaludin
Gerai Bank DBS pada pameran Indonesia Fintech Festival and Conference 2016 di Tangerang, Banten, 30 Agustus 2016.

Setelah mengumumkan rencana pengambilalihan bisnis retail dan wealth management ANZ untuk pasar Indonesia pada Oktober 2016, hari ini, Senin (12/02/2018), PT Bank DBS Indonesia merampungkan akuisisi tersebut. Dengan aksi korporasi ini, DBS akan makin memperkuat lini bisnis pada layanan perbankan bagi orang-orang kaya Indonesia.

Selesainya proses pengambilalihan bisnis retail dan wealth management ANZ Indonesia pada 10 - 11 Februari 2018 juga melengkapi aksi korporasi bank asal Singapura itu untuk pasar Hong Kong, Singapura, Cina, dan Taiwan. Proses di Cina selesai pada 17 Juli 2017 dan Singapura 7 Agustus 2017. Adapun pengambilalihan pasar Hong Kong rampung pada 11 September 2017 dan Taiwan pada 11 Desember 2017.

Menurut President Director PT DBS Bank Indonesia Paulus Sutisna, sejak pengumuman rencana tersebut, masa transisi berjalan dengan baik dan lancar. Bisnis dua perusahaan berhasil diintegrasikan. Ia optimistis pengambilalihan ini akan memperkuat posisi DBS di Indonesia, terutama dalam lini bisnis retail dan layanan perbankan bagi masyarakat kelas premium atau wealth management.

(Baca juga: Digibank dari DBS Tarik 1.000 Nasabah Baru Setiap Hari)

Dengan sistem pengelolaan wealth franchise yang kokoh dan terintegrasi serta keunggulan dalam memanfaatkan inovasi digital, Paulus melanjutkan, akan menjadikan DBS sebagai pengelola bisnis wealth terdepan di Indonesia. “Juga memberi akses bagi nasabah wealth ANZ terhadap solusi-solusi yang disesuaikan dengan kebutuhan nasabah, berikut dengan rangkaian layanan perbankan universal yang lengkap,” kata Paulus dalam keterangan resmi yang diterima Katadata, Senin (12/02).

Keyakinan tersebut juga disampaikan Wawan Salum. Managing Director and Head of Consumer Banking Group and Wealth Management DBS Indonesia ini menyatakan langkah strategis tersebut akan memperluas jaringan cabang, memberi solusi-solusi sesuai kebutuhan nasabah, juga rangkaian layanan perbankan universal yang lengkap.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...