Titiek Soeharto Jadi Wakil Ketua MPR, Airlangga Tepis Hasil Negosiasi

Dimas Jarot Bayu
20 Maret 2018, 12:43
Penunjukan Bambang Soesatyo jadi Ketua DPR
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kiri) berdiskusi Ketua DPR dari Fraksi Golkar Bambang Soesatyo.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyatakan pergantian posisi Wakil Ketua MPR Mahyudin dengan Siti Hediati Hariyadi atau Titiek Soeharto merupakan penyegaran di DPR/MPR. Dia membantah kabar yang beredar pergantian tersebut merupakan kesepakatan politik Airlangga kepada Titiek saat Musyawarah Nasional Luar Biasa Golkar pada Desember lalu.

"Ini pergantian biasa, tidak ada pembahasan itu," kata Airlangga di kantor Dewan Pimpinan Pusat Golkar, Jakarta, Selasa (20/3).

Mahyudin yang keberatan dengan pergantian jabatan ini mengungkapkan keputusan rotasi merupakan hasil dari negosiasi politik antara Airlangga dengan Titiek. Pada Munaslub lalu, Titiek sempat berencana maju sebagai kandidat Ketua Umum Partai Golkar bertanding dengan Airlangga.

Sementara Airlangga menginginkan dirinya terpilih secara aklamasi sebegai Ketua Umum dalam Munaslub. Alhasil, dia menawarkan jabatan Wakil Ketua MPR kepada Titiek agar dia mundur dari bursa calon Ketua Umum Golkar.

"Bahwa ada rumor bargaining politik, Mbak Titiek mau maju. Inginnya aklamasi supaya tidak maju, bargaining-nya begitu," kata Mahyudin kepada wartawan di kompleks parlemen, Senin (19/3).

(Baca juga: Dapat Kursi Pimpinan DPR dan MPR, PDIP Akan Tunjuk Politisi Senior)

Airlangga juga membantah dirinya mengiming-imingi posisi menteri untuk Mahyudin apabila Presiden Joko Widodo terpilih kembali. Airlangga menyebut, pihaknya belum pernah membahas hal tersebut dengan Mahyudin. 

Selain itu, Airlangga mengklaim tak ada pelanggaran hukum dari proses rotasi jabatan Mahyudin. Menurutnya, rotasi jabatan merupakan hal yang lazim dilakukan.

Saat ini, lanjutnya, Golkar masih terus membahas proses rotasi jabatan Wakil Ketua MPR dari Mahyudin kepada Titiek Soeharto. Karenanya, dia meminta publik tak heboh dengan adanya proses rotasi terhadap Mahyudin.

Halaman:
Editor: Yuliawati
    Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

    Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

    Ikuti kami

    Artikel Terkait

    Video Pilihan
    Loading...