Facebook dan Tirto.id Kerja Sama Perangi Hoax

Pingit Aria
2 April 2018, 19:25
Ilustrasi Facebook
Katadata

Facebook Indonesia bekerja sama dengan Tirto.id untuk melakukan literasi digital melawan berita palsu (hoax) di Tanah Air. Tirto akan mendapat kepercayaan melakukan periksa data terhadap konten-konten di Facebook dan akan memberikan rekomendasi kepada penggunanya.

“Dengan bermitra dengan Facebook, kami berupaya membuat informasi yang kredibel tersedia untuk orang Indonesia dan mengurangi penyebaran berita palsu,” kata Menurut CEO sekaligus co-Founder Tirto.id Sapto Anggoro melalui siaran pers, Senin (2/4).

Tirto.id sendiri telah bergabung dalam Jaringan Periksa Fakta Internasional (International Fact-Checking Network/IFCN). “Kami ingin  menunjukkan kepada masyarakat serta pemangku kepentingan bahwa Facebook berkomitmen untuk membangun komunitas dengan penyajian informasi yang lengkap dan menjaga keaslian identitas di platform Facebook” kata Alice Budisatrijo, News Partnership Lead (third party fact checker).

(Baca juga: Mark Zuckerberg Angkat Bicara Soal Kebocoran Data Facebook)

Sapto sangat menghargai kepercayaan yang diberikan oleh IFCN sejak 12 Januari 2018 dengan brand Tirto-Periksa Data, sebagai yang pertama di Indonesia. Apalagi, sekarang Facebook Indonesia telah menjadi mitra untuk melakukan literasi digital.

IFCN adalah jaringan media internasional yang berkomitmen mengurangi berita palsu melalui pemeriksaan fakta dan penjelasan secara rinci. Jaringan ini berdiri pada 2015 dan sampai saat ini ada 49 media internasional yang lolos verifikasi dan sudah bergabung sebagai anggota.

Halaman:
Reporter: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...