Perundingan Perdagangan Bebas Eropa Ditargetkan Rampung Tahun Ini

Penulis: Michael Reily

Editor: Ekarina

Rabu 18/4/2018, 21.28 WIB

Dalam perjanjian kerjasama ekonomi tersebut, Indonesia mendorong peningkatan kerjasama perdagangan dan investasi di sektor agrikultultur.

Pabrik Konveksi Pan Brothers
Katadata
Industri manufaktur menjadi salah satu sektor yang potensial untuk menarik investasi.

Pemerintah menargetkan perundingan Comprehensive Economics Partnership Agreement (CEPA) antara Indonesia dan European Free Trade Association (EFTA) selesai pada tahun ini. Pertemuan akan  dilakukan lebih intensif  guna mencapai target Indonesia khususnya di bidang kerjasama investasi dan pertukaran teknologi.

Perundingan putaran selanjutnya bakal dilakukan pada 23 April 2018 mendatang. Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyatakan Indonesia tengah mengejar peluang investasi  dan teknologi dari negara anggota EFTA yakni Liechtenstein, Islandia, Norwegia, dan Swiss.

"Pertukaran teknologi akan menguntungkan Indonesia," kata  Enggar di Gedung Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu (18/4).

(Baca : Perundingan Dagang Indonesia-Australia Ditargetkan Rampung Agustus)

Dalam perundingan nanti, Indonesia akan diwakili oleh Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan Iman Pambagyo. Jika ditemukan hambatan dalam perundingan, masalah  tersebut akan diselesaikan dengan pertemuan antarmenteri.

Dalam perjanjian kerjasama ekonomi tersebut,  Indonesia mendorong peningkatan kerjasama perdagangan dan investasi  di  sektor agrikultultur. Sementara EFTA  akan mendorong kerjasama di sektor manufaktur.

Belum ada penawaran yang menarik dari  kedua negara. "Meski begitu kedua pihak akan memperbaiki beberapa pos tarif, namun tidak keseluruhan,” ujar Imam.

Pada 2017,  Indonesia mengalami surplus  sebesar US$ 1,3 miliar dari perdagangan dengan EFTA .

(Baca juga: Pemerintah Ingin Australia Bebaskan Bea Masuk Tekstil)

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha