Cuti Panjang, Ratusan Ribu Warga Indonesia Berlibur ke Luar Negeri

Rizky Alika
13 Juni 2018, 19:21
Bandara udara
Katadata

Cuti panjang Lebaran banyak dimanfaatkan warga Indonesia untuk berlibur ke luar negeri. PT Angkasa Pura II mencatat sebanyak 340 ribu orang melakukan penerbangan ke luar negeri sepanjang H-8 sampai H-3 Lebaran atau 7-12 Juni 2018, dari berbagai bandara internasional yang dikelolanya.

Jumlah tersebut meningkat cukup besar dibandingkan periode yang sama tahun lalu yakni 309,4 ribu penumpang. "Kenaikan 9% dari tahun lalu pada periode yang sama," kata Hubungan Masyarakat Angkasa Pura II Yado Yarismono kepada Katadata.co.id, Rabu (13/6). Menurut dia, destinasi tujuan favorit masih sama yaitu Singapura, Kuala Lumpur, Hong Kong, Bangkok dan Tokyo.

(Baca juga: Traveloka Proyeksikan Transaksi Naik 100% Saat Ramadan)

Di sisi lain, PT Angkasa Pura I mencatat sebanyak 18 ribu orang melakukan penerbangan ke luar negeri pada periode yang sama, dari bandara internasional yang dikelolanya. Jumlah tersebut turun sebesar 0,29% dibandingkan periode sama tahun lalu. Adapun destinasi favorit yaitu Tiongkok dan Australia.

Sementara itu, Vice President Corporate Secretary Garuda Indonesia Hengki Heriandono memperkirakan sebanyak 240 ribu orang menggunakan maskapai Garuda Indonesia untuk penerbangan internasional pada periode 8-12 Juni.

(Baca juga: Garuda Usulkan Kenaikan Tarif Penerbangan)

Jumlah tersebut naik 2,12% dibandingkan periode sama tahun lalu. "Tahun lalu periode yang sama sekitar 235 ribu penumpang internasional," kata dia. Menurut dia, pemberangkatan paling banyak untuk rute Jakarta-Singapura, Jakarta-Hong Kong, dan Jakarta-Kuala Lumpur.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...