Puncak Arus Balik, Ada Lonjakan Penumpang di Bandara dan Terminal

Dimas Jarot Bayu
20 Juni 2018, 09:47
Bandara Ahmad Yani
ANTARA FOTO/Aji Styawan
Sejumlah penumpang berjalan di area parkir pesawat.

Puncak arus balik mudik Lebaran 2018 diprediksi bakal terjadi hari ini, Rabu (20/6). Jumlah pemudik yang telah kembali ke Jakarta hingga saat ini terus mengalami peningkatan.

Berdasarkan data PT Angkasa Pura II, jumlah kedatangan penumpang penerbangan domestik di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten pada Senin (18/6)  tercatat sebesar 75.474 orang. Angka kedatangan ini terus meningkat sejak hari  pertama Lebaran pada Jumat (15/6).

Pada hari lebaran, kedatangan penumpang penerbangan domestik sebesar 65.393 orang. Angka ini meningkat pada Sabtu (16/6) sebesar 71.326 orang dan Minggu (17/6) sebesar 73.086.

(Baca : Menhub Imbau Pemudik Balik Jakarta Hindari Puncak Arus Balik)

Sementara itu, jumlah kedatangan penumpang penerbangan internasional di Bandara Internasional Soekarno Hatta  pun mulai mengalami peningkatan. Pada Senin tercatat sebesar 20.841 orang telah memasuki terminal kedatangan. Angka ini juga lebih tinggi dibandingkan hari-hari sebelumnya.

Angkasa Pura II mencatat, pada hari Lebaran, jumlah kedatangan penumpang penerbangan internasional  terpantau sebesar 19.382 orang. Angka ini kembali meningkat pada Sabtu sebesar 20.348 orang dan Minggu (17/6) sebesar 20.163.

"Kedatangannya pada Selasa sudah mulai ada kenaikan karena  Rabu sudah mulai masuk kerja," ujar Senior Manager of Branch Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta Erwin Revianto di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (19/6).

Pihak AP II juga mengaku akan mengoptimalkan standar pelayanan dan keamanan ketika puncak arus balik di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Hal itu untuk  mengantisipasi lonjakan penumpang pada saat puncak arus mudik Lebaran. 

"Yang pasti dari sisi pengamanan tetap kami tingkatkan, dari sisi service juga kami tingkatkan. Semuanya kami sudah siap," kata Erwin.

Sementara itu, kenaikan jumlah penumpang juga tampak terjadi  di Terminal Kalideres, Jakarta Barat. Hingga Selasa (19/6) pukul 13.00 WIB, jumlah penumpang yang tiba di Terminal Kalideres telah mencapai sekitar 4.539 orang.

Pada Minggu, jumlah penumpang yang datang baru 1.013 orang. Sementara, pada Senin jumlahnya mulai mengalami peningkatan menjadi sekitar 2.725 orang.

Halaman:
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...