Menpar : Asian Games Berpotensi Sumbang Devisa Rp 3 Triliun

Michael Reily
30 Juli 2018, 19:58
Senayan City
Katadata
Suasana program sale di pusat perbelanjaan Senayan City, Jakarta.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyatakan kedatangan turis asing pada Asian Games 2018 sebanyak 170 ribu orang berpotensi mendatangkan devisa negara sebesar Rp 3 triliun.

“Acara ini adalah wisata olahraga, karena olahraga selalu dibarengi dengan wisata,” katanya di Jakarta, Senin (30/7).

Adapun menurutnya, dari gelaran Asian Games di Jakarta diprediksi menyumbang devisa Rp 2 triliun, sementara untuk perhelatan Asian Games di Palembang dapat berkontribusi Rp 1 triliun.

Namun, dia meminta  pemerintah dan pelaku usaha juga memperhatikan dampak tidak langsung dari acara Asian Games 2018 yang juga berpotensi menghasilkan pemasukan. “Indirect impact-nya bisa mencapai tiga kali lipat,” ujar Arief.

(Baca : Peretail Incar Omzet Rp 120 Triliun dari Program Hari Belanja)

Dia menyebutkan dampak tak langsung itu antara lain berasal dari 60% penayangan televisi, 30% iklan dan merchandise olahraga, serta 10% dari tiket. Perhitungan ini diperoleh setidaknya berkaca dari perhelatan Piala Dunia 2014 di Brazil dan Asian Games 2014 di Korea Selatan.

Adapun jumlah wisatawan yang datang, terbanyak pertama kemungkinan  adalah Tiongkok, diikuti Singapura, Malaysia, dan India. “Karena Australia tidak ikut Asian Games, posisinya akan digantikan Jepang,” katanya.

Halaman:
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...