Basarnas Terjunkan Penyelam ke Lokasi Temuan Serpihan Lion Air JT 610

Dimas Jarot Bayu
29 Oktober 2018, 15:01
Lion Air Jatuh
ANTARA FOTO/HO-Pertamina
Awak kapal Pertamina mengamati serpihan pesawat Lion Air bernomor penerbangan JT-610 rute Jakarta-Pangkalpinang yang jatuh di laut utara Karawang, Jawa Barat, Senin (29/10/2018).

Badan SAR Nasional (Basarnas) menerjunkan penyelam untuk mencari korban jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 dengan rute Jakarta-Pangkal Pinang. Penyelaman di lokasi ditemukannya serpihan pesawat di sekitar perairan Tanjung, Karawang, Jawa Barat dengan kedalaman 30-35 meter.

Deputi Operasi Basarnas Mayjen Nugroho Budi Wiryanto mengatakan, terdapat 350 orang yang menjadi Tim SAR Gabungan untuk mencari korban Lior Air JT 610. Dari jumlah tersebut, tim penyelam dari Basarnas sebanyak 50 orang.

Personel Komando Pasukan Katak (Kopaska), Detasemen Jalamangkara, dan Batalyon Intai Amfibi milik TNI Angkatan Laut dan Kepolisian yang dikerahkan sebanyak 150 orang. Menurut Nugroho, Tim SAR Gabungan berpotensi bertambah untuk mempercepat evakuasi.

"Nelayan juga banyak yang mau bergabung," kata Nugroho di kantornya, Jakarta, Senin (29/10).

(Baca juga: 20 Pegawai Kemenkeu Penumpang Lion Air JT610, Mayoritas Tugas di Babel)

Selain personel, Basarnas juga mengirimkan armada kapal laut Basarnas Special Group (BSG) dan helikopter untuk mempercepat pencarian. TNI AL ikut mengerahkan beberapa kapal perang.

Kepala Dinas Penerangan TNI AL (Kadispenal) Kolonel Laut M Zaenal mengatakan, unsur kapal perang yang dikerahkan, yakni KRI Tenggiri-865, KRI Rigel-933, KRI Sikuda-863, KAL Kobra-867, KAL Sanca-815, 5 unit Sea Rider.

Zaenal mengatakan, KRI Sikuda-863, KRI Tenggiri-865 dan Kal Kobra-867 sudah berada di lokasi ditemukannya serpihan pesawat. Dua unit Sea rider Tim Kopaska sudah tiba sedang persiapan bantu Basarnas untuk penyelaman.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...