Menteri Luhut Ceritakan Mudahnya Tarik Investasi Setelah Pertemuan IMF

Rizky Alika
19 Desember 2018, 11:49
Dolar
Arief Kamaludin|KATADATA

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan pertemuan tahunan International Monetary Fund (IMF)-World Bank (WB) di Bali pada Oktober lalu telah meningkatkan kepercayaan dunia kepada Indonesia. Upaya pemerintah dalam menarik investasi pun menjadi lebih mudah.

"Trust sudah dicapai, kita tinggal mengejar mereka. (Sekarang) sudah tidak susah lagi karena IMF Word Bank kasih rekomendasi yang paling tinggi untuk Indonesia," kata dia di Forum Merdeka Barat bertajuk "Dampak Ekonomi IMF-World Bank Annual Meeting di Gedung Badan Perencanaan Nasional (Bappenas), Jakarta, Selasa (18/12).

Advertisement

Ke depan, ia optimistis bakal terjadi peningkatan relokasi industri ke Tanah Air. Beberapa waktu lalu, ia sempat bertemu dengan Citibank dan Standard Chartered dan membicarakan tentang kemungkinan adanya perusahaan yang mau merelokasi pabriknya dari Tiongkok dan Taipei ke Asia Tenggara, seperti Thailand, Vietnam, Filipina, dan Malaysia.

(Baca juga: Chatib Basri: Pertemuan IMF-Bank Dunia di Bali Tak Menambah Utang)

"Saya tanya bisa tidak bantu Indonesia agar ada industri relokasi ke Indonesia?" ujar dia. Setelah itu, perusahaan China Petroleum Corporation (CPC) menyatakan ingin menginvestasikan US$ 6,8 miliar untuk industri petrokimia di Gresik. Bahkan, perjanjian investasi sudah ditandatangani.

Investasi lainnya, Pegatron – perusahaan perakit iPhone -- juga berencana masuk ke Indonesia dan berinvestasi hingga US$ 1 miliar dalam tiga tahun ke depan.

(Baca juga: Lapor Jokowi, Luhut Siap Sambut Investasi Pegatron di Indonesia)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement