Sebagian Pengungsi di Lampung Belum Terjamah Bantuan

Hari Widowati
27 Desember 2018, 07:35
Evakuasi Korban Tsunami Pulau Sebesi dan Sebuku
ANTARA FOTO/Ardiansyah
Korban tsunami dari Pulau Sebesi dan Sebuku Lampung Selatan tiba di posko pengungsian di Kalianda, Lampung Selatan, Lampung, Rabu (26/12/2018).

Korban tsunami di pesisir Pantai Kunjir, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, yang mengungsi ke pegunungan belum terjamah bantuan. Beberapa posko juga kekurangan persediaan bahan pokok dan perlengkapan yang akan dipasok kepada para pengungsi.

Tim Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mengatakan, warga di kawasan Pantai Sukaraja hingga ujung perairan Pantai Kunjir sebagian mengungsi ke daerah pegunungan sejak Senin (24/12). Mereka harus turun gunung jika membutuhkan makanan karena para relawan di posko-posko tidak bisa mengantarkan logistik ke pegunungan.

"Dari awal sampai ujung lokasi bencana tsunami memang ada posko bantuan, cuma belum menjangkau semuanya. Kami pernah mengecek salah satunya di Pantai Kunjir, khususnya warga yang mengungsi di pegunungan, ternyata benar (belum dapat bantuan)," kata Tim Respons Lapangan Baznas Pusat Gunawan seperti dikutip Antara, di Lampung Selatan, Rabu (26/12).

Untuk mengatasi masalah tersebut, Baznas berencana menambah satu posko bantuan di kawasan Pantai Kunjir dan Pantai Sukaraja untuk memastikan pengungsi yang membutuhkan bantuan bisa mendapatkannya. Baznas juga akan membuka posko kesehatan di Pantai Sukaraja dan Pantai Kunjir, serta mendirikan satu dapur umum. "Kami juga akan memasok logistik langsung kepada warga untuk memastikan bantuan benar-benar sampai," ujarnya.

Tim Baznas juga akan menyediakan obat-obatan untuk membantu warga yang mengalami masalah kesehatan selama dalam pengungsian. Beberapa pengungsi, baik orang dewasa maupun anak-anak menderita Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) dan gatal-gatal.

(Baca: BNPB: Tak Punya Alat Pendeteksi Tsunami, RI Andalkan Milik Negara Lain)

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...