Fokus Jokowi Penyelesaian HAM, Prabowo Singgung Penegakan Hukum

Yuliawati
Oleh Yuliawati - Hari Widowati
17 Januari 2019, 20:41
Persiapan Debat Pertama Pilpres 2019
KATADATA/AMEIDYO DAUD
Komisi Pemilihan Umum (KPU) terus melakukan persiapan dan pengecekan menjelang pelaksanaan Debat Pilpres 2019 di Hotel Bidaraka, Jakarta, Kamis (17/1).

Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Joko Widodo-Maruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memaparkan visi dan misi dalam  debat perdana Pilpres 2019. Jokowi berjanji akan menangani pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) masa lalu, sementara Prabowo menyinggung pentingnya kemajuan ekonomi untuk menegakkan hukum. 

Jokowi mengakui tidak mudah menyelesaikan beban pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) masa lalu. Dia menyatakan kompleksitas hukum dalam pembuktian kasus-kasus tersebut sehingga menghambat benderangnya penyelesaiam kejahatan hak asasi masa lampau.

Menurutnya, kasus tersebut seharusnya lebih cepat dituntaskan apabila usai kejadian penegakkan hukum langsung dilakukan."Tidak mudah memang menyelesiakannya," kata Jokowi di Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1).

(Baca juga: Jokowi Berkomitmen Tuntaskan Kasus HAM Jika Kembali Terpilih)

Meski demikian, mantan Walikota Solo tersebut berkomitmen untuk menyelesaikan masalah pelanggaran HAM masa lalu. Caranya dengan reformasi kelembagaan dan penguatan sistem manajemen hukum RI.

"Negara harus didukung sistem hukum yang adil dan supremasi hukum melalui reformasi kelembagaan," katanya.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution, Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...