Tiru Pilkada DKI, Prabowo cs Kerahkan Massa ke Masjid saat Pencoblosan

Ameidyo Daud Nasution
1 Maret 2019, 17:36
Demo Ahok
Donang Wahyu|KATADATA
Ilustrasi demonstrasi. Kubu pendukung Prabowo akan mengerahkan massa untuk berkumpul dari masjid menuju TPS pada hari pencoblosan Pilpres 2019.

Pendukung calon presiden-calon wakil presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menyiapkan aksi mengerahkan massa untuk berkumpul dari masjid menuju Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada hari pencoblosan 17 April 2019.  Aksi pengerahan massa ini mirip menjelang pencoblosan pemilihan kepala daerah atau Pilkada DKI Jakarta 2017 yang memenangkan Anies Baswedan-Sandiaga.

Rencana ini diungkapkan Sekretaris Jenderal Forum Ulama Islam (FUI) Muhammad Al Khaththath saat demonstrasi di depan gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Jumat (1/3). Di hadapan pendemo, dia mengajak melakukan Subuh Akbar di seluruh masjid atau mushala dari Sabang sampai Merauke pada hari pencoblosan Pilpres. 

(Baca: Survei Cyrus: Tertinggi, Elektabilitas Jokowi di Pemilih Loyal 47,8%)

"Lalu memakan pakaian putih dan memenuhi Tempat Pemungutan Suara (TPS)," kata Al Khaththath. Al Khaththath juga yang menyerukan hal yang sama agar umat Islam menunaikan salat subuh berjemaah sebelum pencoblosan Pilkada DKI Jakarta pada 2017 lalu.

Siang ini sejumlah organisasi masyarakat (ormas) berafiliasi agama Islam menggelar Apel Siaga Umat Untuk Pemilu, Bersih, Jujur, Adil, tanpa Kecurangan. Selain Al Khaththath tampak hadir pimpinan perguruan As Syafiiyyah Abdul Rasyid Abdullah Syafi'i, Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais, hingga politisi PAN Eggi Sudjana.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...