Debat Cawapres 2019 Ramaikan Linimasa Twitter

Cindy Mutia Annur
18 Maret 2019, 12:17
Debat cawapres
Katadata
Debat Cawapres ketiga dengan cawapres nomor urut 01 Maruf Amin dan cawapres nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno  berjambat tangan di penghujung acara, Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3/2019). Debat ketiga yang hanya diikuti cawapres mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, dan sosial-kebudayaan

Debat ketiga yang menampilkan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 01 Ma'ruf Amin dan nomor urut 02 Sandiaga Uno ramai diperbincangkan di linimasa Twitter sejak Minggu (17/3) malam. Ada tiga tagar yang menjadi perhatian warganet, yakni #WapresHandalGenerasiMilenial, #KyaikuKeren, dan #01BerpengalamanBijak.

Dalam debat yang mengusung tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, serta sosial dan kebudayaan, kedua cawapres berusaha menyampaikan argumentasi terbaik sesuai visi dan misi yang diusungnya. Seperti tercatat pada Trending Topic Twitter pagi ini pukul 10.08 WIB, tiga tagar terkait debat semalam masih memimpin posisi teratas. Tagar #WapresHandalGenerasiMilenial yang mencapai 53 ribu cuitan, #KyaikuKeren dengan 6.300 cuitan, dan #01BerpengalamanBijak dengan 52 ribu cuitan.

Advertisement

Meski demikian, sebelumnya juga banyak tagar lainnya yang menjadi topik unggulan di Twitter. Seperti #DebatCawapres2019, #CurhatPilpres2019, #SandiMenangDebat, #MudaKayaCerdasGesit, #WapreskuKyai, dan sebagainya.

Beberapa hal yang disinggung oleh kedua kandidat debat juga ramai diperbincangkan oleh warganet, salah satunya Ibu Lis. Nama tersebut menjadi viral karena disebut oleh Sandiaga Uno dalam debat semalam.

Sosok ‘Ibu Lis’ diceritakan oleh Sandiaga sebagai wanita asal Sragen yang kesulitan membeli obat untuk penyakitnya karena tidak ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Kemudian, muncul sebuah akun di Twitter bernama @LiesSugiyarti yang mengaku sebagai sosok 'Ibu Lis' yang disebut Sandiaga dalam debat. Akun tersebut mengunggah cuitan yang meminta Sandiaga tidak membawa-bawa namanya. Namun, belakangan diketahui bahwa akun @LiesSugiyarti tersebut merupakan akun palsu.

(Baca: Sandi Akan Sinergikan e-KTP, Ma'ruf Ajak Berantas Hoaks)

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement