Realisasi Janji Ma'ruf dan Sandiaga Hadapi Masalah Anggarannya

Ameidyo Daud Nasution
19 Maret 2019, 02:00
Debat cawapres
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Debat Cawapres ketiga dengan cawapres nomor urut 01 Maruf Amin dan cawapres nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno  berjambat tangan di penghujung acara, Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3/2019).

Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin dan cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno membeberkan sejumlah program apabila mereka memenangkan pemilihan presiden (Pilpres) 2019. Namun, keduanya tak menjelaskan realisasi anggaran untuk membiayai masing-masing programnya.

Analis Ekonomi Politik FINE Institute Kusfiardi mengatakan, kebijakan yang ditawarkan Ma'ruf dan Sandiaga memerlukan kapasitas fiskal di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). "Karena kalau (anggaran) tidak tersedia namanya bicara (janji) saja," kata Kusfiardi dalam sebuah diskusi di Jakarta, Senin (18/3).

Kusfiardi menyatakan apabila persoalan kebutuhan dana ini tidak dibahas mendalam, pemerintahan mendatang hanya mengandalkan sumber pembiayaan lain seperti utang. Padahal pemerintah saat ini sudah memiliki kewajiban utang yang harus dibayar dengan rutin. "Jadi seperti tidak ada upaya mewujudkan kemandirian kalau sampai terjadi," katanya.

(Baca: Sandi Akan Panggil Ahli dari Hongkong & Selesaikan BPJS dalam 200 Hari)

Dalam debat pada Minggu (17/3), baik Ma'ruf dan Sandi mengemukakan berbagai program di bidang pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan kebudayaan. Di antaranya Sandi menawarkan program OK OCE nasional dan Rumah Siap Kerja. Sementara Ma'ruf menawarkan tiga kartu, yakni Kartu Sembako Murah, Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, dan Kartu Pra-kerja.

Ma'ruf dan Sandiaga Perkuat Segmen Pendukung

Debat ketiga yang berlangsung Minggu (17/3) dinilai menjadi ajang bagi tiap-tiap calon wakil presiden baik Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno untuk menggaet segmen masing-masing. Ma'ruf dinilai makin memperkuat segmen kaum santri muslim, sementara Sandiaga menyasar kaum milenial.

CEO Makna Informasi Rahmat Yananda mengatakan pilihan masing-masing segmen terlihat dari kegiatan para kandidat sebelum debat dimulai. Ma'ruf sejak pagi dan siang telah bertemu dengan tokoh agama. Sedangkan Sandiaga memulai hari sebelum debat dengan bermain basket yang diidentikkan milenial.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...