Korban Jiwa Banjir Bandang Sentani Capai 104 Orang

Pingit Aria
20 Maret 2019, 14:11
Sebuah mobil tenggelam oleh banjir di Sentani, Papua, Selasa (19/3).
BNPB
Sebuah mobil tenggelam oleh banjir di Sentani, Papua, Selasa (19/3).

Penanganan darurat dampak banjir bandang di Sentani Kabupaten Jayapura Provinsi Papua terus dilakukan. Tim SAR gabungan terus menemukan korban sehingga jumlah korban terus bertambah.

Hingga Rabu (20/3/2019) pagi, tercatat 104 korban meninggal dunia. Di antaranya, 97 orang korban di Kabupaten Jayapura dan 7 orang korban meninggal di Kota Jayapura. “Belum semua korban berhasil diindentifikasi,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam siaran pers.

Menurutnya, ada 40 korban meninggal dunia yang belum diidentitikasi, sehingga Bupati Jayapura memutuskan korban akan dimakamkan secara massal pada Kamis (21/3) esok. Pemakaman massal diputuskan setelah berkoordinasi dengan pihak keluarga dan gereja.

Sementara, 79 orang belum ditemukan. Tim SAR gabungan terus melakukan pencarian sesuai dengan laporan masyarakat yang menyatakan kehilangan anggota keluarganya. Selain itu, sebanyak 160 orang luka-luka.

Jumlah pengungsi pun terus bertambah. Tercatat 9.691 orang mengungsi di 18 titik. “Bertambahnya jumlah pengungsi karena rasa trauma dan takut akan adanya banjir bandang susulan mengingat hujan masih sering turun di wilayah Jayapura,” kata Sutopo.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...