Transaksi Nontunai Dongkrak Pendapatan Pedagang Pasar Modern

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
9 April 2019, 14:43
GO-PAY
Katadata

Lembar karton bergambar barcode kode quick response (QR code) terpajang pada hampir semua lapak di Pasar Modern Paramount Gading Serpong dan Town Market Modernland, Tangerang. QR code ini berfungsi sebagai medium pembayaran dari pembeli kepada pedagang.

Kehadiran lembar barcode bernuansa biru muda milik GO-PAY menggambarkan layanan uang elektronik ini aktif merangkul pengusaha mikro di pasar. Sejumlah pedagang yang diwawancarai Katadata.co.id mengaku, penjualan melonjak tajam pascamenyediakan pembayaran nontunai.

Di Pasar Modern Paramount Gading Serpong, electronic money dari PT Dompet Anak Bangsa tersebut mulai masuk sejak November 2018. Kini, sedikitnya 85 persen pedagang di pasar ini menjadi mitra skala mikro (micro merchant) GO-PAY.

Pedagang sayur bernama Zulkifli bercerita, promo cashback mendongkrak minat belanja konsumen. Peningkatan jumlah pembeli turut mengerek pendapatan pedagang. GO-PAY menetapkan cashback sebesar 30 persen untuk pembeli di Pasar Paramount.

"Biarpun cashback cuma 30 persen (maksimal Rp 10.000), bagi ibu-ibu bisa untuk belanja yang lain. Karena inilah omzet saya naik, bisa lebih dari 50 persen kenaikannya. Apalagi seperti waktu momen Imlek (Tahun Baru China)," katanya membandingkan dengan omzet pada Januari 2019.

Aep Saepul Bahri, penjual daging, mengutarakan pernyataan senada. Bahkan, nilai transaksi menggunakan uang elektronik di lapaknya lebih dominan dibandingkan dengan pembayaran tunai. GO-PAY menghasilkan Rp 5 juta, lebih banyak daripada tunai sekitar Rp 3 juta per hari.

Pedagang di Town Market Modernland turut mengamini penuturan Zulkifli dan Aep. Seorang pedagang buah bernama M. Sobirin menjelaskan, kehadiran medium pembayaran uang elektronik sejak Februari 2019 membuat pendapatannya naik.

“Jualan kami meningkat karena ada cashback, ini menarik konsumen datang ke pasar karena belanja mereka bisa lebih hemat. Dan tidak perlu repot siapkan uang kembali,” ucap Sobirin. Kenaikan penjualan sedikitnya 20 persen dibandingkan dengan sebelum ada layanan transaksi via scan kode QR.

Pembayaran menggunakan GO-PAY dalam sehari sedikitnya Rp 1 juta setara sekitar 50 transaksi. Total pendapatan lapak buah-buahan milik Sobirin pada Senin - Jumat sekarang berkisar Rp 4 juta - Rp 5 juta. Porsi transaksi nontunai bisa 50 persen.

Sama halnya dengan penjual ikan asin di Town Market Modernland bernama Umadani. Pria ini membukukan peningkatan penjualan hingga 60 persen setelah bermitra dengan GO-PAY sejak Februari dibandingkan dengan periode sebelumnya. Dia meraup setidaknya Rp 2 juta - Rp 3 juta per hari dan 60 persennya adalah pembayaran nontunai.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...