Gempa 6,9 SR Guncang Sulawesi Tengah, BMKG Beri Peringatan Tsunami

Image title
Oleh Antara
12 April 2019, 19:46
gempa potensi tsunami
ANTARAFOTO/Akbar Tado
Ilustrasi gempa di Petabo, Palu Selatan, Sulawesi Tengah, Senin (1/10/2018).

Gempa bumi dengan kekuatan 6,9 Skala Richter (SR) mengguncang kawasan Barat Daya Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah (Sulteng) pada Jumat (12/4) pukul 18.40 WIB.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini potensi terjadi tsunami terutama di wilayah Morowali, Sulawesi Tengah, perlu mewaspadai munculnya tsunami.

Waktu tiba gelombang diperkirakan dapat berbeda. BMKG juga menyebutkan gelombang yang pertama bisa saja bukan yang terbesar.

(Baca: BNPB: 477 Bencana Alam Terjadi Sejak Januari 2019)

BMKG menyebutkan pusat gempa berada di 1,90 Lintang Selatan dan 122,54 Bujur Timur dengan kedalaman gempa berada pada 10 kilometer. Getaran gempa dirasakan di beberapa wilayah seperti Manado, Gorontalo, Kolaka Utara dan kepulauan Konawe.

Setelah gempa bumi 6,9 SR yang terjadi pada pukul 18.40 WIB, setidaknya terjadi dua kali gempa susulan. Gempa susulan pertama dengan kekuatan 5,0 SR kembali mengguncang Sulawesi Tengah pada pukul 19.03 WIB.

(Baca: Jokowi Minta Penanganan Pascagempa Lombok Dipercepat)

Gempa susulan terjadi pada pukul 19.12 WIB dengan kekuatan 5,2 SR dengan episenter 1.90 Lintang Selatan dan 122.56 Bujur Timur tepatnya pada 84 kilometer Barat Daya Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah, dengan kedalaman 10 kilometer.

Informasi dari BMKG menyebutkan untuk wilayah Morowali, Sulawesi Tengah, perlu mewaspadai munculnya tsunami. Waktu tiba gelombang diperkirakan dapat berbeda. BMKG juga menyebutkan gelombang yang pertama bisa saja bukan yang terbesar.

Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...