Dari Dubai, Pesawat Jet Prabowo dan Rombongan Menuju Wina

Yuliawati
Oleh Yuliawati
29 Mei 2019, 12:33
Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menunjukan surat suara saat pencoblosan pada Pemilu serentak 2019 di TPS 041, Desa Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat, Rabu, 17 April 2019.
Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menunjukan surat suara saat pencoblosan pada Pemilu serentak 2019 di TPS 041, Desa Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat, Rabu, 17 April 2019.

Pesawat jet pribadi yang membawa Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan rombongannya ternyata hanya singgah sekitar satu jam di Dubai, Uni Emirat Arab. Pesawat itu kemudian terbang menuju Wina, Austria.

Penerbangan pesawat jet jenis Embraer 190/Lineage 1000 bernomor 9HNYC terekam dalam situs FlightAware.com. Pesawat awalnya berangkat pada Selasa, 28 Mei pagi dari Bandara Halim Perdanakusuma menuju Bandara Internasional Al Maktoum di Dubai. Pesawat menempuh perjalanan  selama 8 jam 38 menit, kemudian istirahat selama satu jam di Dubai.

(Baca: Didampingi Dua Delegasi Rusia, Prabowo Bertolak ke Dubai Pakai Jet)

Pesawat kembali menempuh perjalanan selama 6 jam 5 menit menuju Bandara Vienna Internasional pada hari yang sama sekitar pukul 19.03 waktu setempat. Waketum Gerindra Sufmi Dasco Ahmad membenarkan informasi ini dan menyatakan Prabowo sedang dalam urusan bisnis.

Keberangkatan Prabowo dari Bandara Halim menuju Dubai telah mendapatkan konfirmasi dari Kasubag Humas Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, Sam Fernando. Berdasarkan informasi yang telah dikonfirmasi kepada Sam, Prabowo diketahui berangkat pukul 06.16 WIB dari Bandara Halim Perdana Kusuma.

Prabowo Berangkat bersama Sekretariat Parlemen Rusia

Dari daftar manifest imigrasi, Prabowo pergi bersama tiga orang warga negara Indonesia (WNI) lainnya, yakni Tedy Arman, Yuriko Fransisko Karundeng dan Gibrael Habel Karapang. Selain itu, terdapat dua warga negara asal Rusia dari Sekretariat Parlemen Rusia (DUMA) Anzhelika Butaeva dan Mikhail Davydov.

Dua orang ini pernah diundang oleh Wakil Ketua Umum Gerindra sekaligus Wakil Ketua DPR Fadli Zon dalam acara focus group discussion (FGD) bertema “Election System in Indonesia” 15-19 April 2019 lalu di Jakarta. Butaeva dan Davydov juga hadir dalam rangka kunjungan resmi Delegasi Pemantau Pemilu 2019 di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

(Baca: Adu Kuat Tim Hukum Prabowo vs Jokowi Mengawal Sengketa Pilpres di MK)

Selain perwakilan DUMA, ada warna negara asal Amerika Serikat (AS) Justin dan warga negara asal Belanda Mischa Gemermann, yang ikut dalam rombongan Prabowo ke Dubai. Lebih lanjut, ada lima orang kru pesawat yang terbang bersama Prabowo. Kru pesawat tersebut antara lain Guy Shewart Plact, Cyril Destremau, Antonina Cieszczyk, Cristina Cercone, dan Paul Brooke.

Prabowo Melakukan Cek Kesehatan

Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria membenarkan Prabowo pergi ke Dubai pada Selasa pagi, untuk bertemu kolega sekaligus cek up kesehatan rutin. "Betul ke Dubai Selasa pagi. Ada urusan bertemu kolega bisnis dan cek up kesehatan," kata Riza Patria seperti dikutip dari Antara.

Riza mengatakan Prabowo pergi ke Dubai bersama teman-temannya dengan menggunakan jet pribadi. Menurut dia, Prabowo melakukan cek kesehatan bukan karena sedang sakit,  melainkan cek rutin yang biasa dilakukan Ketua Umum DPP Partai Gerindra itu.

(Baca: Ini Tokoh dan Organisasi di Pusaran Rencana Aksi 22 Mei 2019)

"Periksa kesehatan rajin, bagus kok, kesehatan prima. Prabowo itu kan disiplin menjaga kesehatan, mantan tentara, hidupnya disiplin dan tertib," kata dia.

Riza menyatakan belum dapat memastikan berapa lama Prabowo ke luar negeri. "Biasanya tidak lama, tapi kan itu Dubai. Kecuali kalau ke Bangkok, Thailand bisa 1-2 hari," katanya.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...