Hari Ini Arus Mudik Lebaran Mulai Menurun

Image title
3 Juni 2019, 17:16
Mudik Lebaran 2019, Posko Mudik, Arus Mudik
ANTARA FOTO/R. Rekotomo
Pemudik bersepeda motor dari Jakarta yang menumpang KM Dobonsolo tiba di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah, Jumat (31/5/2019).

Kementerian Perhubungan mencatat penurunan pemudik pengguna sejumlah moda transportasi H-3 dan H-2 Lebaran 2019. Hal ini diketahui berdasarkan pantauan arus mudik  Posko Angkutan Lebaran Kementerian Perhubungan di sejumlah lokasi seperti di jalan non-tol, terminal dan pelabuhan. 

Jumlah kendaraan bermotor yang masuk ke jalan non tol di delapan titik pantauan yaitu, Merak, Sadang, Balonggandu, Rancaecek, Prupuk, Pejagan, Tegal dan Kendal pada H-3 dan H-2 Lebaran sebesar 42.270 kendaraan. Angka ini menurun 75,09% dibandingkan tahun lalu sebanyak 169.755 kendaraan.

Advertisement

(Baca: H-2 Lebaran, Sistem Satu Arah di Jalan Tol Masih Diberlakukan )

Meski demikian, untuk lalu lintas di jalur Nagrek, Jawa Barat masih terjadi kepadatan. Oleh karena itu, petugas lalu lintas menerapkan buka-tutup jalan untuk mengurangi kepadatan lalu lintas.

Sedangkan, untuk keberangkatan bus pada pukul 06.04 WIB menurun 54,62% dengan jumlah keberangkatan 129.547 bus.

Demikian juga dengan jumlah penumpang kapal laut tercatat 1,3 juta atau turun 22,57% dibandingkan tahun lalu yaitu 1,6 juta penumpang.  "Pemantauan arus lalu lintas dan penumpang di lintas penyebrangan terpantau lancar dan terkendali," dikutip dari Keterangan Posko Angkutan Lebaran 2019, Senin (3/6).

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement