Sidang Isbat untuk Penentuan 1 Syawal Akan Dilaksanakan Petang Ini

Image title
3 Juni 2019, 11:03
Kemenag, sidang Isbat, Idul Fitri, hilal
ANTARA FOTO/Zabur Karuru/aww.
Ilustrasi, Tim rukyatul hilal melakukan pemantauan posisi hilal.

Sidang penentuan hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriah atau sidang Isbat akan digelar Senin (3/6) sebelum shalat maghrib, bertempat di Kementerian Agama (Kemenag). Sidang Isbat ini rencananya akan dipimpin langsung oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Mengutip Antara, Senin (3/6), sidang Isbat ini akan diikuti juga oleh para ulama, tokoh organisasi kemasyarakatan Islam, pakar astronomi, delegasi negara sahabat dan unsur terkait lainnya.

Sidang Isbat akan dibuka dengan paparan terkait posisi bulan sabit baru atau hilal, berdasarkan data astronomi. Setelah paparan hilal tersebut, peserta sidang Isbat akan melakukan shalat maghrib dan kemudian melakukan sidang penutupan. Setelah itu, barulah hasil sidang Isbat akan diumumkan.

Untuk memantau hilal, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Agus Salim mengungkapkan, Kemenag telah menyebar para pemantau hilal di 105 titik di seluruh Indonesia.

Penetapan Idul Fitri dilakukan Kemenag dengan menggaungkan dua metode, yakni perhitungan astronomi (hisab) untuk menentukan posisi pasti hilal dan mengkonfirmasi perkiraan letak bulan baru dengan penglihatan secara langsung atau rukyat.

(Baca: KAI Prediksi Kepadatan Pemudik Kereta Api Akan Terjadi hingga H+1)

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...