One Way Arus Balik Mudik di Tol Trans Jawa Mulai Pukul 14.00 Hari Ini

Michael Reily
7 Juni 2019, 15:35
mudik lebaran 2019, one way mudik 2019, tol trans jawa
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Sejumlah kendaraan antre memasuki Gerbang Tol Cikampek Utama, Cikampek, Jawa Barat, Kamis (30/5/2019). PT Jasa Marga memprediksi puncak arus mudik 2019 jatuh pada H-5 lebaran atau 31 Mei 2019 mendatang dengan jumlah kendaraan diperkirakan mencapai 90 ribu.

Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia mulai memberlakukan jalur satu arah untuk arus balik Lebaran 2019 pada pukul 14.00, Jumat (7/6), sampai pukul 24.00 WIB. Aturan satu arah ini akan berlaku sampai Senin nanti dan berlangsung sepanjang 344 kilometer, dari KM 414 Kalikangkung sampai KM 70 Cikampek Utara.

Kepala Korlantas Polri Refdi Andri menyatakan pemberlakuan arus satu arah (one way) sudah didukung mitra terkait. Pertimbangan itu setelah pantauan situasi dari udara menggunakan helikopter dan mengamati pergerakan arus kendaraan timur ke barat.

Para pemudik juga mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan salat Jumat di tempat peristirahatan. “Jam bukan harga mati, kami akan lihat bagaimana volume kendaraan dan saran kewilayahan,” kata Refdi dalam keterangan resmi, Jumat (7/6).

Dia mengimbau masyarakat yang bakal melakukan perjalanan untuk mempersiapkan kendaraan dan bahan bakar cukup. Tujuannya, agar masyarakat tidak berlama-lama ada di tempat peristirahatan dalam perjalanan balik.

(Baca: Cegah Kemacetan Arus Balik, Sistem Satu Arah di Tol Berlaku 7-10 Juni)

Refdi menyarankan masyarakat juga menyiapkan perbekalan dan makan yang cukup sebelum perjalanan. “Rest Area akan dilakukan buka tutup apabila terlalu penuh," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...