Menhub Sebut Dua Alasan Turunnya Jumlah Pemudik Menggunakan Pesawat

Michael Reily
11 Juni 2019, 10:21
jumlah penumpang pesawat 2019, kementerian perhubungan, budi karya
ANTARA FOTO/MUHAMMAD IQBAL
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat, jumlah pemudik yang menggunakan angkutan udara turun 33,04% dibanding musim mudik tahun lalu.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat, jumlah pemudik yang menggunakan angkutan udara turun 33,04% dibanding musim mudik tahun lalu. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebutkan, ada dua penyebab penurunan tersebut.

Pertama, beberapa maskapai mengurangi jumlah pesawat yang beroperasi selama musim mudik lebaran 2019. "Saya dengar ada pesawat yang tidak dioperasikan. Selain pesawat Max itu tidak dioperasikan, jadi banyak yang tidak dapat tiket," kata dia di kantornya, Jakarta, Senin (10/6).

Advertisement

Menurut dia, permintaan tiket pesawat cenderung naik saat musim mudik lebaran dari tahun ke tahun. Karena itu, penurunan penggunaan pesawat selama mudik lebaran tahun ini disebabkan oleh armada yang berkurang. “Tapi, turunnya (suplai tiket pesawat) hanya 2-3%,” kata dia.

(Baca: Harga Tiket Pesawat Naik Cukup Tinggi Selama Libur Lebaran)

Kedua, harga tiket pesawat lebih tinggi dibanding layanan transportasi lain. “Tentunya juga karena harga,” kata dia. Hal itu menyebabkan masyarakat yang mudik menggunakan pesawat menurun dibanding tahun lalu.

Berdasarkan data Sistem Informasi Angkutan dan Sarana Transportasi Indonesia (SIASATI) Kemenhub, jumlah penumpang pesawat mencapai 2.862.183 selama H-7 hingga H+5 lebaran 2019. Jumlah tersebut turun 33,04% dibanding periode sama tahun lalu yang mencapai 4.219.786.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement