Sutopo Dimakamkan, Putra Pertama Kenang Sosok Sang Ayah

Martha Ruth Thertina
8 Juli 2019, 11:32
Sutopo meninggal dimakamkan di boyolali, Sutopo BNPB
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ketua Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho memberikan keterangan mengenai perkembangan jumlah korban tsunami di Anyer, Banten, Jawa Barat (26/12/2018).

Jenazah Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho telah dimakamkan di Boyolali, Jawa Tengah. Usai pemakaman, putra pertama Sutopo Muhammad Ivanka Rizaldy Nugroho sempat membagikan kenangannya tentang sang ayah.

Ia mengatakan Sutopo adalah sosok yang berdedikasi. "Bapak orang paling berdedikasi yang saya tahu. Yang dia lakukan untuk sesuatu yang lebih besar," kata dia di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Sasonolayu, Boyolali, Senin (8/7).

(Baca: Jokowi Kenang Pembicaraannya dengan Sutopo di Istana Bogor)

Ia juga mengenang ayahnya sebagai sosok yang jujur dan selalu bersikap baik kepada orang lain. "Ayah selalu membagi sesuatu yang dia punya. Beliau juga sangat penyayang pada keluarga, pemaaf, baik, dan penyabar," ujarnya.

Sutupo menghembuskan nafas terakhir pada Minggu, 7 Juli 2019 sekitar pukul 02.00 di Guangzhou St. Stamford Modern Cancer Hospital, Tiongkok. Sutopo berada di rumah sakit tersebut untuk menjalani pengobatan atas penyakit kanker paru-paru.

Konsulat Jenderal RI di Guangzhou Gustanto mengatakan ayah dua anak tersebut meninggal akibat serangan jantung. "Penyebab utama kematian beliau adalah cardiac heart attack," kata dia saat tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta, Minggu (7/7) malam. Gustanto ikut dalam penerbangan untuk memulangkan jenazah Sutopo.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...