Bantah Terjadi Penipuan, Bank Mandiri Paparkan Kronologis Sistem Eror

Cindy Mutia Annur
20 Juli 2019, 14:32
Saldo Bank Mandiri hilang, saldo mandiri berkurang, saldo mandiri bertambah, bank mandiri error, bantahan fraud bank mandiri
Arief Kamaludin|KATADATA
Bank Mandiri

Manajemen Bank Mandiri memastikan bahwa perubahan drastis saldo rekening yang dialami nasabahnya bukan karena penipuan atau fraud. Perubahan saldo terjadi karena sistem eror saat proses backup data rutin.

Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas menjelaskan bila yang terjadi adalah fraud maka seharusnya saldo nasabah berkurang. Namun, yang terjadi adalah saldo nasabah ada yang bertambah dan berkurang secara acak (random).

"Jadi ini tidak ada fraud, hanya terjadi gangguan saat backup data. Ini tengah kami perbaiki," kata dia saat Konferensi Pers di Plaza Mandiri, Jakarta, Sabtu (20/7). Menurut dia, gangguan semacam ini baru pertama kali dialami Bank Mandiri.

(Baca: Bank Mandiri: Data Rekening Eror Dialami 1,5 Juta Nasabah)

Ia pun menjelaskan kronologis sistem eror yang menyebabkan 10% nasabahnya atau sekitar 1,5 juta nasabah mengalami perubahan saldo.

Setiap bank umumnya melakukan proses tutup buku secara rutin di akhir hari. Saat proses itu berlangsung, data nasabah dipindahkan dalam sebuah backup server. Kemudian, core server akan memproses transaksi yang terjadi di hari sebelumnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...