Sinyal Positif Negosiasi Dagang AS-Tiongkok Bawa Harga Emas Turun

Ameidyo Daud Nasution
30 Agustus 2019, 10:44
Harga Emas, harga emas antam, harga emas antam hari ini, harga emas turun, perang dagang
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto
Harga emas hari Jumat (30/8) turun 0,16% dari perdagangan sebelumnya.

Harga emas kembali terkoreksi pada perdagangan Jumat pagi, 30 Agustus 2019, setelah naik pada hari sebelumnya. Hal ini seiring sinyal positif negosiasi dagang Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok.

Berdasarkan data Bloomberg, harga emas berjangka di bursa Comex berada di posisi US$ 1.534,4 per ounce, turun 0,16% dari perdagangan sebelumnya. Sedangkan harga emas di pasar spot turun 0.2% menjadi $1,525.06 per ounce.

Advertisement

Dilansir dari Reuters salah satu faktor fundamental yang mempengaruhi harga emas adalah pernyataan Kementerian Perdagangan Tiongkok soal pembicaraan dagang. Tiongkok menginginkan diskusi yang tenang, dan tidak menggunakan ancaman tarif.

Presiden AS Donald Trump juga mengeluarkan pernyataan positif seputar prosepk negosiasi dagang dengan Tiongkok. “Saya rasa Tiongkok menginginkan kesepakatan, kita lihat apa yang akan terjadi,” kata Trump dilansir dari Reuters.

(Baca: Tiongkok Tak Ingin Perang Tarif, Penguatan Kurs Rupiah Berlanjut)

Meski nuansa positif negosiasi dagang AS-Tiongkok berdampak pada menurunnya aset safe haven emas, namun Kepala Pialang US Global Investors Michael Matousek optimistis investasi emas tetap kompetitif.

“Harga emas sudah naik dalam beberapa bulan, ini bukan penurunan (jauh),” kata dia.

Seiring penurunan harga emas dunia, harga emas Antam juga terpantau turun. Mengutip situs logammulia.com, harga emas Antam hari ini tercatat Rp 766 ribu per gram, turun Rp 5.000 dari posisi kemarin. Rapor merah juga terlihat pada harga penjualan kembali emas Antam yang anjlok Rp 6.000 menjadi Rp 693 ribu per gram.

(Baca: Pasar Keuangan Dilanda Ketidakpastian, BI Menilai Investasi Emas Aman)

Harga emas batangan Antam, Jumat, 30 Agustus 2019 :

 Emas batangan 0,5 gr: Rp 407.500

Emas batangan 1 gr: Rp 766.000

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement