Kementerian BUMN Tepis Sunarso Diatur Jadi Dirut BRI Sejak Lama

Image title
3 September 2019, 00:15
sunarso BRI, perombakan direksi BRI, perombakan direksi bumn, perubahan direksi bumn
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Ilustrasi, Dirut BRI Suprajarto (kiri) didampingi Wadirut Sunarso (kanan) memaparkan kinerja Bank BRI semester I 2017 di Jakarta, Kamis (3/8).

Sunarso resmi menggantikan Suprajarto sebagai Direktur Utama (Dirut) Bank Rakyat Indonesia (BRI). Muncul dugaan pergantian ini sudah diatur lama oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno. Ini mengingat Sunarso dipulangkan ke posisi lamanya yaitu Wakil Dirut BRI pada Januari 2019 lalu, setelah sekitar setahun menjabat Dirut Pegadaian.

Namun, Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei, dan Konsultan Kementerian BUMN Gatot Trihargo menepis anggapan tersebut. "Kan tidak semua serta-merta seperti itu. Tergantung dari penilaian pada waktu di sini (selama menjabat wakil dirut BRI) juga. Kalau tidak bagus, juga tidak jadi (dirut BRI)," kata dia di Gedung BRI, Jakarta, Senin (2/9).

Advertisement

(Baca: Perombakan Besar: Sunarso dan Catur Pimpin BRI, 4 Direktur Diganti)

Sunarso merupakan bankir senior. Ia menjabat Direktur Commercial and Business Banking Bank Mandiri pada periode 2010-2015, sebelum diangkat menjadi Wakil Dirut BRI pada 2015-2017. Ia diberhentikan dari posisinya itu dan dipindahkan menjadi Dirut Pegadaian pada 2017. Bersamaan dengan pemindahan tersebut, posisi wakil dirut BRI dihapuskan.

Yang menarik, hanya sekitar setahun di Pegadaian, Sunarso dipulangkan. Dalam RUPSLB BRI yang digelar 3 Januari 2019 lalu, Sunarso diangkat kembali menjadi Wakil Dirut BRI. Pemulangan kembali dia ke posisi itu mengundang tanya hingga belakangan berkembang dugaan pemulangan lantaran ia sudah diplot menjadi BRI 1.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement