BI Proyeksi Penjualan Eceran Meningkat Bulan Lalu

Penulis: Agatha Olivia Victoria

Editor: Agustiyanti

10/9/2019, 15.30 WIB

Kenaikan penjualan eceran pada Agustus 2019 terutama didorong oleh kelompok suku cadang dan aksesoris, serta makanan, minuman, dan tembakau.

penjualan eceran
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi. BI memperkirakan penjualan ritel pada Agustus 2019 meningkat.

Survei Bank Indonesia (BI) memperkirakan penjualan ritel atau eceran pada Agustus 2019 meningkat. Peningkatan penjualan terutama terjadi pada kelompok suku cadang dan aksesoris, serta makanan, minuman, dan tembakau. 

Berdasarkan survei yang dipublikasikan pada Selasa (10/9), kenaikan penjualan ritel terindikasi dari perkiraan pertumbuhan  Indeks Penjualan Riil (IPR) pada Agustus 2019 yang meningkat menjadi 3,7% secara tahunan. Angka itu  tumbuh lebih tinggi dari 2,4% pada bulan sebelumnya.

Peningkatan terutama pada penjualan kelompok suku cadang dan aksesori yang tercatat tumbuh 25,1% secara tahunan. Selain itu, penjualan kelompok makanan, minuman dan tembakau dan kelompok peralatan informasi dan komunikasi juga membaik dengan masing-masing kelompok tercatat tumbuh 3,8% dan negatif 0,7%.

(Baca: Penyebab 33 Perusahaan Tiongkok Tak Pilih Investasi ke Indonesia)

Kenaikan penjualan terjadi di sebagian besar kota, dengan peningkatan tertinggi di Banjarmasin dan Makassar. Adapun kenaikan penjualan tersebut sejalan dengan faktor musiman berupa maraknya promosi dan diskon penjualan menyambut perayaan hari raya kemerdekaan.

Pada bulan sebelumnya, survei BI juga mengindikasikan kenaikan penjualan eceran. Senada dengan bulan lalu, kenaikan penjualan didorong  oleh  kelompok suku cadang dan aksesoris, serta makanan, minuman, dan tembakau. 

 

Sementara kota yang mencatatkan kenaikan penjualan eceran pada Juli 2019, antara lain Makassar, Banjarmasin, dan Jakarta. 

(Baca: Tekanan Ekonomi Global, Perbankan Perketat Penyaluran Kredit)

BI juga memperkirakan penjualan eceran akan kembali meningkat pada bulan depan. Peningkatan tercermin dari Indeks Ekspektasi Penjualan (IEP) Oktober 2019 yang diperkirakan sebesar 146,3 atau lebih tinggi dibandingkan 138,0 pada bulan sebelumnya.

Seiring kenaikan penjualan, harga barang eceran juga diperkirakan akan meningkat pada bulan depan. Sementara pada Januari 2020, harga barang eceran diperkirakan akan turun seiring normalisasi penjualan usai Natal dan Tahun Baru. 

Reporter: Agatha Olivia Victoria

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

VIDEO PILIHAN