Habibie Jadi Presiden Pertama yang Dimakamkan di TMP Kalibata

Dimas Jarot Bayu
12 September 2019, 13:30
Habibie, pemakaman, TMP Kalibata
ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT
Sejumlah prajurit Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) mengangkat peti jenazah dari almarhum Presiden ke-3 RI, BJ Habibie menuju mobil ambulans di Rumah Jenazah Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (11/10/2019). Presiden ketiga RI Habibie merupakan presiden yang pertama dimakamkan di Taman Makam Kalibata.

Presiden ketiga RI Bacharudin Jusuf Habibie menjadi Kepala Negara pertama yang akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta. Belum pernah ada Presiden RI yang pernah berpusara di lokasi tersebut sampai saat ini.

Presiden pertama RI Sukarno yang wafat pada 21 Juni 1970 dimakamkan di kompleks pemakaman di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sanawetan Kota Blitar, Jawa Timur. Makam Sukarno ditempatkan di joglo, bangunan khas masyarakat Jawa Timur, berdekatan dengan pusara kedua orangtuanya, Raden Mas Soekemi Sosrodiharjo dan Ida Ayu Nyoman Rei.

Presiden kedua RI Soeharto yang wafat pada 27 Januari 2008 dimakamkan di Astana Giribangun di Karanganyar, Jawa Tengah. Kompleks makam Soeharto berada di lereng Gunung Lawu.

(Baca: Sri Mulyani: Pak Habibie, Selamat Kumpul Lagi Dengan Ibu Ainun)

Ada pun, Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid alias Gus Dur yang wafat 30 Desember 2009 dimakamkan di kompleks Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang, Jawa Timur. Pusara Gus Dur terletak di sebelah utara pusara kakeknya yang juga pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asy’ari.

Habibie sendiri dimakamkan di liang lahat berukuran 200x700 cm di kavling M120. Pusara Habibie berada di sebelah kiri makam istrinya, Hasri Ainun Besari, tepatnya kavling M121.

Di depan makam Habibie atau kavling M129 ada pusara istri Presiden Keenam Susilo Bambang Yudhoyono, Ani Yudhoyono. Sementara makam mantan Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional Widjojo Nitisastro berada di sebelah kanan pusara Habibie.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...