Pasar Saham Volatil, Aliran Modal Asing ke RI Tahun Ini Capai Rp 193 T

Agatha Olivia Victoria
4 Oktober 2019, 15:21
aliran modal asing, surat berharga negara, sbn, bank indonesia
Arief Kamaludin (Katadata)
Modal asing mengalir masuk paling banyak ke instrumen Surat Berharga Negara (SBN) Hingga Rp 137,9 triliun. Sedangkan di saham, sepekan ini telah terjadi aliran keluar modal asing Rp 840 miliar.

Bank Indonesia (BI) mencatat, total aliran modal asing yang masuk ke Indonesia sepanjang tahun ini hingga Kamis 3 Oktober 2019 mencapai Rp 192,6 triliun. Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, dari keseluruhan portofolio, pasar saham masih menjadi tempat modal asing yang paling volatil.

"Total portofolio modal asing Rp 192,6 triliun. Memang sempat ada outflow di saham karena banyak juga dipengaruhi faktor global, apa yang terjadi di AS maupun negara lain," kata Perry di Kompleks BI, Jakarta, Jumat (4/10).

Advertisement

Ia merinci, total aliran masuk modal asing tersebut terdiri dari aliran dan Surat Berharga Negara (SBN) Rp 137,9 triliun, saham Rp 52,4 triliun, dan sisanya masuk ke obligasi korporasi serta SBI.

Secara week to date hingga 3 Oktober 2019, terdapat Rp 3,14 triliun modal asing yang masuk ke SBN, tetapi terjadi outflow dati pasar saham sebesar Rp 840 miliar. Sehingga Perry menyebut, net inflow-nya yakni sebesar Rp 2,34 triliun. "Ini membuktikan bahwa imbal hasil tetap menarik dan juga prospek ekonomi yang menarik," ujar Perry.

(Baca: Investor Asing Jual Saham, Alihkan Investasi ke Surat Berharga Negara)

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement