Tren Harga Emas Dunia Turun, Logam Mulia Antam Loyo Rp 4.000 per Gram

Agustiyanti
16 Oktober 2019, 08:51
emas antam
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi emas Antam. Harga emas Antam mulai memasuki tren penurunan.

Harga emas Antam turun Rp 4.000  menjadi Rp 752 ribu per gram. Pelemahan harga emas Antam seiring tren menurunnya harga emas dunia akibat meningkatnya selera investor pada aset berisiko. 

Dikutip dari Reuters, harga emas di pasar spot ditutup turun 0,8% menjadi US$ 1.481 per ons, setelah tergelincir 1% di awal sesi. Sementara, harga emas berjangka turun 0,9% pada US$ 1.483.

Advertisement

"Saat ini yang mendorongnya (penurunan harga emas) adalah stok. Stok terlihat kuat. Tidak ada penghindaran pada aset berisiko saat ini, ”kata Bob Haberkorn, ahli strategi pasar senior di RJO Futures.

Pasar saham AS naik ditopang laporan pendapatan perusahaan yang kuat, bahkan ketika optimisme memudar atas kesepakatan dagang AS-Tiongkok baru-baru ini.

“Emas membutuhkan sentimen untuk mendorongnya lebih tinggi. Perlu ada pernyataan The Federal Reserve terkait penurunan suku bunga atau sesuatu yang akan terjadi pada pembicaraan perdagangan. Jika kesepakatan itu berantakan dan The Fed memangkas suku bunga, emas akan naik," terang Haberkorn.

(Baca: Surplus Dagang Indonesia ke AS Naik Terbantu Ekspor Perhiasan)

The Fed melakukan pertemuan pada akhir bulan untuk memutuskan apakah akan menerapkan penurunan suku bunga lebih lanjut.

Bloomberg melaporkan pada hari Senin bahwa Tiongkok ingin lebih banyak pembicaraan untuk menuntaskan rincian kesepakatan fase-satu sebelum menandatanganinya.

Di antara logam-logam lainnya, perak turun 1,4% menjadi US$ 17,40 per ons, sedangkan platinum turun 1,2% menjadi US$ 882,08.

(Baca: Harga Emas Dunia Turun, Logam Mulia Antam Naik Rp 2.000 per Gram)

Sementara itu, mengutip situs logammulia.com, penurunan harga emas merata untuk seluruh produk emas yang dijual berdasarkan bobot. Adapun harga penjualan kembali emas Antam hari ini juga ditetapkan turun meski lebih rendah dari harga pembelian yakni sebesar Rp 3.000 menjadi Rp 673 ribu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement