Mahfud MD Jadi Orang Sipil Pertama Jabat Menko Polhukam

Penulis: Yuliawati

23/10/2019, 14.12 WIB

Mahfud menyatakan tugas utamanya mengkoordinasikan penegakan hukum sehingga masyarakat tidak kecewa.

Mahfud pimpin Kemenko Polhukam, menko polhukam sipil pertama murni
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Menko Polhukam Mahfud MD di perkenalkan oleh Presiden Joko Widodo di halaman Istana Merdeka, Jakarta Pusat (23/10/2019).

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengangkat mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD sebagai Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan. Mahfud merupakan orang sipil pertama sepanjang sejarah RI yang menjabat sebagai Menkopolhukam.

"Saya baru tahu setelah ada yang mengirim pesan bahwa saya menjabat sebagai Menko Polhukam sipil murni pertama sepanjang sejarah Republik," kata Mahfud kepada wartawan usai pelantikan menteri kabinet 2019-2024 di Istana Kepresidenan, Jakarta (23/10).

(Baca: Diangkat Jokowi, Jaksa Agung ST Burhanuddin Disebut Perwakilan PDIP)

Mahfud menyatakan tugas utamanya mengkoordinasikan penegakan hukum sehingga masyarakat tidak kecewa. "Itu soal persepsi dalam hasil survei itu kan memang pendapat orang, kami akan perbaiki," kata Mahfud.

Mahfud menyebut berbagai tantangan penegakan hukum di antaranya soal pemberantasan korupsi dan deradikalisasi. "Hal itu terkait dengan ideologi."

Mahfud juga  memasang agenda untuk memperbaiki Undang-undang  Nomor 27 Tahun 2004 tentang Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi.
yang dibatalkan MK. "MK memerintahkan supaya dihidupkan tapi diperbaiki lagi isinya, itu sampai sekarang sudah hampir 16 tahun belum diperbaiki," kata dia.

(Baca juga: Ini Daftar Lengkap Susunan Kabinet Jokowi - Ma'ruf 2019 - 2024)

Dalam memimpin Menko Polhukam, Mahfud akan membawahi Kementerian Pertahanan dan TNI. Dia menyatakan, pengalamannya sebagai menteri pertahanan di era Abdurahman Wahid atau Gus Dur menunjukkan tidak sulit untuk mengkoordinasikan tentara.

"Militer itu selalu disiplin secara hirarkis. Ketika saya dulu memimpin jenderal-jenderal, meski saya sipil, mereka mengikuti perintah," kata dia.

Mahfud menilai Menteri Pertahanan Prabowo Subianto pun akan taat dengan aturan dan struktur. "Kebijakan Presiden yang disalurkan dan diimplementasikan dalam bentuk kebijakan Kemenko, kementerian di bawahnya harus ikut," kata dia.

(Baca: Beda Dengan 2014, Jokowi Izinkan Menteri Rangkap Jabatan Ketum Parpol)

Mahfud menyatakan dia akan berangkat ke kantor Kemenko Polhukam untuk mendapat informasi umum dulu tentang kantor dan berbagai agenda dasarnya. "Mulai besok pagi saya sudah mulai merumuskan kebijakan," kata dia.

Mahfud merupakan salah satu dari 18 menteri dan setingkat menteri dengan latar belakang non partai. Beberapa nama dari kalangan profesional di antaraanya Sri Mulyani, Retno P. Marsudi, Nadiem Makarim, hingga Bahlil Lahadalia. Berikut Databoks komposisi kabinet Indonesia Maju: 

 

Reporter: Dimas Jarot Bayu

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan