Kominfo Targetkan Migrasi TV Analog ke Digital Paling Lambat 2024

Cindy Mutia Annur
29 Oktober 2019, 08:10
Menkominfo Johnny G Plate
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Menkominfo Johnny G Plate optimis migrasi TV analog ke digital dapat segera terlaksana usai revisi UU penyiaran yang masuk dalam prolegnas DPR rampung.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menargetkan pelaksanaan migrasi televisi (TV) analog ke digital dapat dilakukan paling lambat pada 2024 mendatang.

"Kami berharap bisa membuat satu roadmap (peta jalan) agar migrasi TV analog ini bisa dilakukan selambatnya tahun 2024. Kalau bisa dipercepat mengapa tidak?" ujar Johnny dalam konferensi pers di kantornya, Senin (28/10).

Ia menjelaskan, Indonesia saat ini tertinggal dari sejumlah negara di Eropa, Amerika, bahkan ASEAN dalam penerapan TV digital. Padahal, Indonesia sudah cukup lama mempersiapkan rencana tersebut.

Johnny menyebut salah satu penghambat rencana migrasi TV analog ke digital yakni belum terdapat payung hukum yang menaungi. Namun, menurut dia, revisi UU penyiaran yang akan menjadi payung hukum rencana itu masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) DPR.

(Baca: Menkominfo Bakal Dorong Smart City di Ibu Kota Baru )

Oleh karena itu, ia berharap pemerintah dan DPR dapat menyelesaikan  revisi UU Penyiaran secepat mungkin. Jika payung hukum terealisasi, ia pun optimistis migrasi TV ke digital bisa segera terealisasikan.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...