Prabowo Pastikan Terima Gaji Sebagai Menteri Pertahanan

Penulis: Dimas Jarot Bayu

Editor: Martha Ruth Thertina

31/10/2019, 19.16 WIB

Prabowo juga menyatakan akan menggunakan fasilitas yang diberikan negara sesuai kebutuhan.

Prabowo, Gaji Prabowo
ANTARA FOTO/HO/Puspen TNI
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kiri) berjabat tangan dengan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto saat mengunjungi Mabes TNI Cilangkap, Jakarta, Rabu (30/10/2019). Menhan berjanji akan memperkuat alutsista yang dimiliki oleh TNI.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memastikan dirinya akan mengambil gaji dari negara. Dia mengaku heran dengan informasi yang menyebutkan sebaliknya.

"Saya enggak tahu dari mana itu. Masa tidak terima gaji. Saya akan terima gaji dan itu saya pakai untuk sebaik-baiknya," kata Prabowo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (31/10).

Prabowo pun memastikan bahwa dirinya akan menggunakan seluruh fasilitas yang diberikan oleh negara. Fasilitas tersebut, antara lain mobil dan rumah dinas.

(Baca: Ini Alasan Prabowo Dahulu Dilarang Masuk AS)

Meski demikian, ia bakal tetap tinggal di rumahnya yang berlokasi di Bukit Hambalang, Bogor, Jawa Barat dan Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan. Dia hanya akan sesekali menggunakan rumah dinas sesuai kebutuhan. "Kapan saya gunakan, untuk apa, kan ada," kata dia.

Sebelumnya, informasi bahwa Prabowo tak akan menerima gaji sebagai menteri disampaikan oleh juru bicaranya, Dahnil Anzar Simanjuntak. Dahnil menyampaikan hal itu melalui akun Twitter-nya @Dahnilanzar pada Rabu, 30 Oktober 2019.

Menurut dia, Prabowo tidak akan mengambil gaji karena sudah berkomitmen untuk mengabdi bagi kepentingan bangsa dan negara. "Saya ingin mengonfirmasikan kepada sobat semua khususnya sobat pewarta terkait dengan informasi yang menyatakan Pak @prabowo tidak akan mengambil gajinya sebagai Menteri di @Kemhan_RI adl BENAR," tulis Dahnil.

(Baca: Jokowi Beri Hak Veto ke Menko, Mahfud: Fungsinya untuk Pengendalian)

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Gerindra Desmond J. Mahesa juga mengatakan hal senada. Prabowo, kata dia, tak ada niat untuk mengambil keuntungan saat menjabat sebagai Menteri Pertahanan. Lagi pula, Desmond menilai pendapatan Prabowo sudah lebih dari cukup sebagai seorang pengusaha.

Desmond menyebut harta Prabowo saat ini sudah lebih dari Rp 1 triliun. "Masa gaji yang seuprit bisa diambil beliau? Kan enggak," ujar Desmond.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan