Pendaftaran CPNS Dibuka Besok, 8 Kementerian Tawarkan Ribuan Lowongan

Penulis: Martha Ruth Thertina

10/11/2019, 15.05 WIB

Kemenag paling banyak membuka lowongan PNS, yakni 5.815 lowongan. Sedangkan Kemenristek serta Kemenpora paling sedikit yakni 11 lowongan.

CPNS 2019, Pendaftaran CPNS, Pendaftaran CPNS 2019, Cara Pendaftaran CPNS, Seleksi CPNS, Lowongan PNS
Kominfo
Proses seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) bakal kembali dibuka pada 11 November 2019. Pemerintah pusat membuka 37.425 lowongan di 68 kementerian/lembaga. Dari jumlah tersebut, sebanyak delapan kementerian membuka masing-masing lebih dari seribu lowongan.  

Kementerian Agama yang paling banyak membuka lowongan PNS, yakni 5.815 lowongan, diikuti Kejaksaan Agung 5.203 lowongan, Kementerian Hukum dan HAM 4.598 lowongan, Kementerian Kesehatan 2.205 lowongan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2.196 lowongan.

Kemudian, Sekretariat Mahkamah Agung 2.104 lowongan, Kementerian Perhubungan 1.244 lowongan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat 1.180 lowongan. Selebihnya, sebanyak 60 kementerian/lembaga membuka puluhan hingga ratusan lowongan.

Kementerian/lembaga dengan lowongan paling sedikit yakni Kementerian Riset dan Teknologi dan Kementerian Pemuda dan Olah Raga yakni masing-masing hanya 11 lowongan. Kemudian, Kementerian Badan Usaha Milik Negara 25 lowongan.

Selain di tingkat pemerintah pusat, seleksi CPNS juga dibuka untuk 462 instansi pemerintah daerah, dengan jumlah lowongan yang ditawarkan yakni 114.861 lowongan.

Mengacu pada penjelasan tertulis Badan Kepegawaian Nasional (BKN), terdapat empat kategori pelamar yakni kategori cumlaude, disabilitas, putra/putri Papua dan Papua Barat, dan umum. Pendaftaran dilakukan secara online dengan membuat akun dan melengkapi biodata serta dokumen di https://sscasn.bkn.go.id.

Pendaftaran CPNS dibuka pada 11 November dan ditutup pada 24 November 2019. Calon peserta tidak dipungut biaya pendaftaran. Informasi lebih lanjut mengenai seleksi CPNS dapat dilihat dalam situs www.bkn.go.id.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan