Kemenhub Antisipasi Banjir 16 Juta Pemudik Saat Natal dan Tahun Baru

Image title
2 Desember 2019, 18:33
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah) didampingi Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono (kiri) dan Dirjen Pehubungan Udara Kementerian Perhubungan, Polana B Pramesti (kanan) menyampaikan paparan saat Rapat Kerja
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat rapat dengan komisi V DPR RI. Budi memperkirakan terdapat 16 juta orang yang akan mudik selama natal dan tahun baru.

Kementerian Perhubungan memperkirakan jumlah pemudik saat Natal dan Tahun Baru akan mencapai 16 juta orang. Puncak arus mudik bakal terjadi pada 20-24 Desember 2019. 

"Kami sudah berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga. Kami berharap dapat mengantisipasi kemacetan lebih baik," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat rapat dengan Komisi V DPR RI di Jakarta, Senin (2/12).

Advertisement

Berdasarkan hasil evaluasi Kemenhub, jumlah penumpang kereta api diperkirakan mencapai 5,9 juta orang, angkutan jalan 1,75 juta orang, angkutan penyebrangan 2,2 juta orang, angkutan laut 1,1 juta orang, dan angkutan udara 5,2 juta penumpang.

(Baca: Menteri BUMN dan Menhub akan Bahas Harga Avtur dan Keterlibatan Swasta)

Jumlah armada yang tersedia yakni bus sebanyak 50 ribu unit, kapal penyeberangan 228 unit, kereta api 400 unit, kapal laut 1.200 unit dan pesawat sebanyak 500 unit.

Pihaknya juga telah meminta kepolisian untuk melarang pemudik menggunakan sepeda motor guna menekan angka kecelakaan. Untuk itu, Kemenhub telah menjalin kerja sama dengan Jasa Raharja untuk menyediakan mudik gratis. 

"Ada 54 unit armada yang telah disiapkan untuk mudik gratis," kata dia. (Baca Juga: BPJT Targetkan Jalan Berbayar Margonda dan Kalimalang Berlaku 2020)

Kemenhub juga memastikan kelaikan jalan angkutan umum. Sejumlah maskapai penerbangan dan transportasi laut mulai melakukan perawatan armada yang dimiliki sejak minggu lalu. 

Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement