Operator Norwegia Tegaskan Gandeng Huawei Bangun Jaringan 5G

Cindy Mutia Annur
16 Desember 2019, 09:36
huawei, norwegia, 5G, pembangunan 5G, perang dagang as-tiongkok.
123RF.com
Ilustrasi. Huawei telah ditunjuk untuk menjadi salah satu vendor pada pembangunan 5G di Norwegia.

Perusahaan telekomunikasi asal Norwegia, Telenor menegaskan bakal tetap menggandeng Huawei untuk terlibat dalam pembangunan jaringan 5G bersama perusahaan Swedia, Ericson. Rencana mereka tetap berjalan meski perusahaan teknologi asal Tiongkok itu tengah mendapat tekanan dari pemerintah Amerika Serikat.

Tak hanya itu, Huawei juga menghadapi peningkatan pengawasan di Eropa, di tengah-tengah tuduhan AS bahwa perusahaan merupakan ancaman bagi keamanan negara. Namun, Telenor menolak tuduhan tersebut.

Wakil Presiden Komunikasi Telenor Hanne Knudsen mengatakan, perusahaan telah berkolaborasi dengan Huawei selama lebih dari satu dekade pada jaringan 4G. Ke depan, perusahaan asal Tiongkok itu akan terus memainkan peran dalam memodernisasi infrastruktur milik perusahaan.

"Erickson menjadi vendor untuk membangun 5G RAN. Tapi kami juga akan bekerja sama dengan Huawei untuk memelihara jaringan 4G dan juga meningkatkan ke cakupan 5G di area tertentu di Norwegia,” ujar Knudsen seperti dikutip dari Reuters, Minggu (15/12).

 (Baca: Damai Dagang AS-Tiongkok Angkat Rupiah ke Level 13 Ribu Per Dolar AS)

RAN atau jaringan akses radio, mengacu pada radio dan antena yang menghubungkan smartphone ke jaringan seluler, serta menyumbang sebagian besar biaya jaringan baru. Knudsen mengatakan, Huawei saat ini telah mengirimkan perangkat keras untuk RAN. 

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...