Harga Emas Dunia Terus Naik, Capai Level Tertinggi dalam Dua Bulan

Martha Ruth Thertina
30 Desember 2019, 10:14
harga emas, harga emas antam
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Petugas menunjukkan sampel emas batangan di Butik Emas Logam Mulia, Jakarta, Senin (9/12/2019). Harga emas batangan PT Aneka Tambang (Persero) Tbk pada Senin (9/12) Rp 744.000 per gram, turun Rp 3.000 dibandingkan harga emas pada Minggu (8/12).

Harga emas dunia terus melanjutkan tren kenaikan sepanjang Desember. Harga emas dunia saat ini merupakan yang tertinggi dalam dua bulan. Kenaikan diduga imbas investor yang melakukan langkah antisipasi terhadap risiko di akhir tahun.

Berdasarkan data Bloomberg, saat berita ini ditulis, harga emas di pasar spot tercatat US$ 1.515 per ounce atau naik 0,3% dibandingkan sesi perdagangan sebelumnya.

Dengan perkembangan ini, harga emas telah naik 18,14% dari posisi akhir tahun lalu. Meningkatnya minat investasi emas di tengah perang dagang AS Tiongkok menjadi penyokong utama kenaikan harga aset aman tersebut.

(Baca: Pengamat Saham Peringatkan Risiko Koreksi Tajam Bursa Saham AS di 2020)

Reuters memberitakan ada beberapa isu yang tengah menjadi sorotan dan mempengaruhi sikap investor. Yang terkini yakni pernyataan pejabat AS bahwa serangan udara AS terhadap kelompok milisi di Irak dan Suriah berhasil dilakukan, namun “aksi tambahan” masih memungkinkan dilakukan di wilayah tersebut untuk mempertahankan kepentingan AS.

Selain itu, investor masih menantikan realisasi perjanjian dagang tahap I antara AS dan Tiongkok. Pekan lalu, Presiden Donald Trump menyatakan akan ada prosesi penandatanganan perjanjian tersebut.

Harga emas Antam tercatat turut mengalami kenaikan di tengah pergerakan naik harga emas dunia. Mengutip logammulia.com, harga emas Antam di Butik Emas LM Pulo Gadung diperdagangkan Rp 762 ribu per gram, sedangkan harga penjualan kembali Rp 678 ribu per gram. Ini merupakan kisaran harga tertinggi dalam dua bulan.

Harga Emas Antam, Senin, 30 Desember 2019:

Emas batangan 0,5 gr: Rp 405.000

Emas batangan 1 gr: Rp 762.000

Emas batangan 2 gr: Rp  1.473.000

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...