BI Catat Modal Asing Masuk Tembus Rp 224 T pada 2019, Mayoritas ke SBN

Agatha Olivia Victoria
3 Januari 2020, 15:13
aliran modal asing, modal asing masuk, bank indonesia
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi. BI memperkirakan cadangan devisa akan mencapai di atas US$ 127 miliar seiring aliran modal asing masuk yang meningkat pada sepanjang tahun lalu.

Bank Indonesia mencatat, aliran modal asing masuk ke Indonesia melalui instrumen portofolio sepanjang tahun lalu mencapai Rp 224,2 triliun. Dana asing paling besar masuk ke instrumen utang pemerintah, Surat Berharga Negara atau SBN. 

"Aliran modal asing cukup besar untuk 2019 mencapai Rp 224,2 triliun," kata Gubernur BI Perry Warjiyo di Kompleks BI, Jakarta, Jumat (3/1).

BI mencatat pada sepanjang 2018, aliran modal asing yang masuk hanya mencapai Rp 13,9 triliun. Adapun secara perinci, aliran modal asing paling besar masuk ke SBN mencapai Rp 168,86 triliun. Lalu saham Rp 50 triliun, obligasi korporasi sebesar Rp 3 triliun, dan Sertifikat Bank Indonesia atau SBI sebesar Rp 2,6 triliun. 

(Baca: Jokowi Bangga Pasar Modal Indonesia Paling Diminati Pemodal Asing)

Perry menjelaskan, melonjaknya dana asing yang masuk merupakan bukti kepercayaan investor terhadap perekonomian Indonesia. Hal ini terjadi di tengah kondisi eksternal yang diliputi ketidakpastian. 

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...